Mesin Sepeda Motor Jarang Dipanaskan? Ini Dampaknya

Honda Supra Fit
Honda Supra Fit (Foto: motorkeren.com)
OTOPOS.NET - Meski tidak punya rencana untuk mengendarai sepeda motor, diusahakan untuk selalu memanaskan mesinnya setiap hari. Pasalnya, performa mesin kerap mengalami penurunan akibat terlalu lama didiamkan tanpa dihidupkan, hal itu dipicu oleh tercampurnya oli dengan air.
"Kalau didiamkan terlalu lama, udara yang membawa uap air akan masuk melalui ventilasi mesin. Saat pagi hari, uap air tersebut akan mengembun, dan bisa bercampur dengan oli," Beber Lubricants Technical Advisor dari Shell Lubricants Indonesia, Sofwatuzaki di area Indonesia Motorcycle Fest (IMF) 2015, di Jakarta, Sabtu (3/10/2015).

Oli yang telah tercampur dengan air itu dapat menyebabkan karat pada mesin. Kemampuan oli untuk melumasi mesin pun dipastikan berkurang, sehingga akan berpengaruh terhadap performa mesin yang menurun, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin motor.

"Oli yang sudah terkontaminasi air akan menjadi lebih kental. Itulah kenapa mesin tidak boleh didiamkan lama dan harus selalu distarter, supaya ada sirkulasi agar olinya naik untuk melindungi komponen mesin dari karat. Selain itu juga agar uap air yang ada di mesin bisa menguap lagi karena panas," jelasnya.
Bagikan: