Deteksi Kerusakan Motor dari Asap Knalpot

Ilustrasi knalpot sepeda motor
Ilustrasi knalpot sepeda motor
OTOPOS.NET - Asap putih yang keluar dari knalpot sepeda motor biasanya sering diidentifikasikan sebagai kerusakan atau keausan pada silinder blok, piston dan ring piston. Padahal ada komponen lain yang dapat mengakibatkan terjadinya masalah asap ini.

Jangan terlalu lekas menilai bahwa asap putih yang keluar adalah bentuk kerusakan bagian ring atau piston, pasalnya anda bisa rugi dengan biaya yang bakal dikeluarkan. Alangkah lebih baik cek secara teliti terlebih dahulu sebelum membawanya ke rumah perbaikan.

"Asap putih yang keluar dari knalpot memang pertanda ada kebocoran di ruang mesin. Putih jadi tanda yang terbakar itu adalah bagian pelumas, tapi tidak selalu dari silinder atau bagian piston, bisa juga hanya karena sil (karet) klep yang sudah aus," kata Slamet Pamuji dari Selta Motor saat ditemui Otomania di Condet, Jakarta Timur, Kamis (10/12/2015).

Slamet mengatakan,, cara mudah untuk mengenali penyakit ini adalah dengan melihat kondisi dan waktu asap putih keluar dari knalpot. Bila asap putih keluar setiap berjalan dari mulai dihidupkan, bisa jadi ada masalah pada kepala silinder, ring dan piston. Namun jika hanya keluar dalam kondisi pagi atau saat mesin dingin itu menandakan bahwa valve seal telah aus.

Bocornya valve seal (sil klep) memang sering terjadi, hal itu disebabkan masa pakai kendaraan. Untuk lebih memastikanya lagi memang perlu membongkar cylinder head, bila pada katup klep ada kerak oli hal tersebut menandakan bahwa ada kebocoran yang disebabkan seal sudah aus sehingga berakibat oli merembes sampai masuk ke ruang bakar.

"Asap tipis di pagi hari keluar karena batang klep belum memuai yang memiliki sedikit celah ke sil klep yang sudah dalam kondisi aus, saat mesin mulai panas asap tersebut berlahan akan hilang dikarenakan batang klep sudah memuai dan mulai memadati sil klep. Kondisi ini bisa dijadikan tanda sil klep harus diganti," jelas Slamet.
Bagikan: