Pabrik Toyota Gunakan Listrik dari Sampah

Ilustrasi sampah
Ilustrasi sampah
OTOPOS.NET - Perusahaan otomotif Toyota diketahui memanfaatkan daur ulang sampah guna menghasilkan listrik. Daur ulang tersebut adalah pemanfaatan sampah yang menghasilkan gas metana. Proyek pengembangan sampah jadi gas metana ini rupanya hasil kerjasama antara pabrik Toyota Georgetown dengan TPA Central Kentucky di Amerika Serikat (AS).

Autoevolution, Rabu (18/11/2015) melaporkan, dalam kerjasama itu Toyota diprediksi bisa memanfaatkan semua sampah yang ada di TPA Central Kentucky dan mampu hasilkan daya listrik hingga 1 juta watt dalam satu jam.

Dengan daya sebesar itu, Toyota menyebut bisa menghasilkan sekitar 10 ribu kendaraan dalam satu tahun dari fasilitas pabrik yang mereka dimiliki. Bahkan, kini Toyota sudah meningkatkan kapasitas daya listrik yang dihasilkan dari sampah sampai 10 megawatt tiap satu jam.
Penggunaan tenaga listrik pada pabrik perakitan Toyota di Kentucky adalah salah satu bagian dari rencana Toyota Motor Corp guna menghilangkah emisi CO2 yang sejauh ini dihasilkan oleh pabrik perakitannya. Di masa mendatang, sejumlah pabrik perakitan bakal mengikuti langkah ini.
Bagikan: