4 Penyebab Sepeda Motor Susah Hidup

Seorang pria berusaha menghidupkan mesin sepeda motor | YouTube
Seorang pria berusaha menghidupkan mesin sepeda motor | YouTube
OTOPOS.NET - Pada zaman serba otomatis ini, mungkin hanya sebagian orang akan mendapat masalah susah menghidupkan sepeda motor. Meski Anda sempat mengalaminya, tentu hal itu tak membuat Anda terlalu risau. Pasalnya, bengkel sepeda motor sudah bertebaran di mana-mana.

Namun, mungkin ini adalah pengecualian bilamana sepeda motor Anda ngambek di waktu yang kurang tepat seperti akan berangkat sekolah, kerja atau aktivitas lainnya di pagi hari. Di masa itu, bengkel motor mungkin belum buka, mekanik yang Anda kenal pun masih sibuk di rumahnya.

Jalan terakhir yang mungkin bisa Anda perbuat adalah mencoba mengecek dan perbaikinya sendiri. Untuk itulah, Frekvensi.com akan membeberkan sedikit rahasia yakni 4 penyebab sepeda motor susah hidup. Berikut faktor dan penjelasannya.

1. Tangki dan Bahan Bakar
Hal pertama yang wajib anda periksa adalah apakah kendaraan Anda ada bahan bakar alias bensinnya? Jika masih ada bensin atau mencukupi, berarti Anda harus curiga terhadap tangkinya, mungkin saja tangki bahan bakar motor Anda banyak endapan atau karat yang membuat tersumbatnya aliran bensin ke karburator.

2. Kran dan Karburator
Memeriksa kran bensin terkadang lepas dari pengamatan oleh orang awam. Cek apakah kran bensin betul-betul terbuka atau tertutup. Sementara karburator, harus dipastikan tidak ada kotoran yang bersarang di dalamnya. Karburator yang kotor akan mempengaruhi proses pembakaran dalam mesin.

3. Kompresi dan Katup
Bila tidak ada masalah di bagian bahan bakar maka Anda harus curiga pada kompresi mesin sepeda motor. Untuk mengecek apakah kompresi mesin motor masih baik, silakan buka busi motor Anda lalu masukkan jari Anda ke dalam lubang busi tersebut. Kemudian, gunakan kick start untuk mencoba menyalakan mesin, saat itu rasakan tekanan yang dihasilkan. Jika kompresi mesin dirasa kuat berarti masih baik. Namun jika lemah, artinya ada masalah di bagian katup.

4. Kabel dan Busi
Jika nomor 1 hingga 3 di atas lolos dari pemeriksaan, bisa jadi masalah timbul dari 2 komponen ini atau di antaranya. Untuk memeriksanya, buka busi lalu sentuhkan ke sirip-sirip mesin. Kemudian coba nyalakan mesin dengan kick start, lihat apakah busi mengeluarkan listrik dengan baik atau tidak.

Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab sepeda motor susah hidup. Dengan uraian di atas, tentunya Anda sudah bisa menyimpulkan apa yang harus dilakukan.

Bagikan: