Produsen Akan Rilis Yamaha R1 Versi Murah

Yamaha R1(depan) dan R1M (belakang) di BIMS 2015
Yamaha R1(depan) dan R1M (belakang) di BIMS 2015 | Motorcycle.com
OTOPOS.NET - Sepeda motor dengan nama Yamaha R1S diisukan bakal diproduksi Yamaha Amerika Serikat (AS). Huruf S di belakang R1 digadang-gadang sebagai indikasi motor sport 1.000 cc itu bakal dijual dengan harga jauh lebih murah.

Rumor tersebut tersebar usai Badan Pengawas Polusi Udara Californa (CARB) mengeluarkan pengumuman yang berisi izin untuk Yamaha R1S yang bakal diproduksi 2016 mendatang.

Sebelumnya, R1 hanya mempunyai varian non-standar yang justru dihargai lebih mahal, yaitu Yamaha R1M.

Autoevolution, Rabu (19/8/2015) melaporkan, para pengamat meyakini huruf S merupakan kependekan dari Street. Berarti, produsen diprediksi bakal menghadirkan Yamaha R1 dengan mesin 1.000 cc yang tenaganya telah dikurangi dan disesuaikan untuk penggunaan harian.

Dengan dipotongnya tenaga pada mesin Yamaha R1, kemungkinan besar harga jual sepeda motor yang dibangun dari teknologi Yamaha M1 di Motogp tersebut pun turut bakal dijual lebih murah.

Perkiraan itu bukan tanpa dasar, situs otomotif berbahasa Inggris tersebut mengatakan hal sama telah terjadi sebelumnya pada Yamaha R6S yang merupakan versi lebih jinak dan lebih murah dari Yamaha R6.

Namun, ada juga beberapa pengamat yang menyebut Yamaha R1S merupakan versi lebih ganas dari Yamaha R1M. Motorcycle melaporkan, mereka menilai tenaga dan spesifikasi R1M masih dapat dibuat lebih advance sehingga lebih mendekati tunggangan asli Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Akan tetapi, sampai saat ini Yamaha AS belum memberi konfirmasi apapun soal isu sepeda motor Yamaha yang masih misterius tersebut. Di AS, Yamaha R1 dihargai US$23.516 atau setara Rp331 juta dan R1M senilai US$29.000 atau sekitar Rp408 juta.

Bagikan: