Inilah Komparasi Honda New Sonic Dan Suzuki Satria FU

Honda New Sonic
Honda New Sonic | dokumen
OTOPOS.NET - Kehadiran Honda New Sonic 150R tampaknya sedikit mengganggu Suzuki Satria FU 150. Kendati telah lama berkiprah dengan gaya ayam jago, tetapi New Sonic pun mempunyai keunggulan di segi fitur dan performa. Dengan kelebihan masing-masing, dapat dipastikan persaingan antara New Sonic dan Satria FU bakal berlangsung sengit.
Berada di segmen yang sama bermesin 150 cc, keduanya menawarkan performa yang juga sama-sama menarik. Bagaimana jika kedua sepeda motor tersebut dibandingkan? Komparasi dilihat dari data teknis resmi masing-masing, termasuk mesin dan teknologi yang diusung.

Suzuki Satria FU 150
Suzuki Satria FU 150
Jika melihat dimensinya, kedua motor tersebut terlihat mirip. Namun, New Sonic tampak lebih pendek, sementara Satria FU terkesan lebih ramping. Kesamaan pun tampak pada jarak jok ke tanah, yaitu berada di kisaran 76 cm. Perbedaan lain yang bisa diamati adalah bobot kedua motor ini. Satria FU mempunyai berat kosong yang lebih ringan, yaitu 95 kg. Sedangkan New Sonic berberat 114 kg. Tak hanya itu, kapasitas tangki bahan bakar Satria FU lebih banyak 0,2 liter dibanding penantangnya.

Selain itu, kedua tunggangan menggunakan teknologi yang jelas berbeda. Satria FU masih mempertahankan sistem suplai bahan bakar karburator. Berbeda dengan New Sonic yang sudah mengadopsi sistem injeksi PGM-FI. Kedua mesin tersebut mengaplikasikan teknologi DOHC.

Untuk kapasitasnya, mesin besutan Suzuki mempunyai kapasitas 147,3 cc, sedangkan jebolan Honda berkapasitas 149,16 cc. Selain itu, komparasi terhadap kompresinya pun berbeda. Rasio kompresi Satria FU adalah 10,2:1, sedangkan New Sonic lebih tinggi, yaitu 11,3:1.
Bicara soal tenaga dan torsi yang dihasilkan, kedua motor ini saling bersaing alot. Mesin New Sonic dan Satria FU bisa menghasilkan tenaga sebesar 16 PS atau setara 15,7 hp. Namun, pada New Sonic angka itu dicapai di putaran mesin 9.000 rpm, sementara pada Satria FU di putaran 9.500 rpm. Torsi maksimum New Sonic pun lebih besar, yaitu 14,5 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan torsi puncak Satria FU sebesar 12,7 Nm pada 8.500.

Melihat data teknis itu, dapat disebutkan bahwa New Sonic mempunyai akselerasi yang lebih baik. Hal tersebut tampak dari torsi yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah. Namun, bobot New Sonic yang lebih berat daripada Satria FU bakal menjadikan keduanya berimbang.


Sumber: indonesiautosblog.com
Bagikan: