Pemeriksaan Track Undercarriage pada Alat Berat

Pemeriksaan Track Undercarriage pada Alat Berat - Track adalah komponen penting pada alat berat yang menggunakan undercarriage. Dengan adanya track maka alat berat seperti ini bisa berjalan maju dan mundur. Maka dari itu, pemeriksaan track undercarriage termasuk ke dalam kegiatan service atau perawatan pada alat berat.

Gerakkan maju unit, kemudian hentikan (tanpa direm) di tempat yang rata dengan memposisikan directional control lever ke posisi netral. Gunakan batang lurus untuk memeriksa kekencangan track seperti diperlihatkan pada gambar di bawah. Ukur jarak antara batang dengan ujung grousher (a). Lakukan penyetelan jika hasil pengukuran tidak sesuai dengan nilai standar.
Mengukur Track
Mengukur Track
Pompakan grease melalui grease fitting (2) dengan menggunakan  grease pump, untuk menambah kekencangan track. Gerakkan unit maju mundur untuk memeriksa apakah kekencangan track sudah tepat. Pompa terus grease jika kekencangan belum tepat sampai ukuran celah S (0 mm). Jika kekencangan belum juga tepat, berarti telah terjadi keasuan yang berlebih pada pin dan bushing. Untuk mengurangi kekencangan track, kendorkan lubricator (1) secara bertahap (maksimal 1 putaran). Jika grease tidak keluar dengan lancar, gerakkan unit maju mundur pada jarak yang pendek. 

Periksa kekencangan botl track shoe (1) seperti gambar di bawah. Kencangkan jika terdapat bolt yang kendor, dengan urutan pengencangan seperti diperlihatkan pada gambar di bawah.
Pengecekan Bolt Track Shoe
Pengecekan Bolt Track Shoe

Bagikan: