Cara Merawat Kompresor Agar Awet DIgunakan

Otopos.net - Kompresor adalah alat mekanik yang berfungsi untuk menghasilkan udara dengan cara memampatkan tekanan. Kompresor yang saya bahas di sini adalah kompresor yang sudah umum digunakan di lingkungan sekitar seperti perbengkelan.

Seperti yang diketahui bahwa kompresor ini memiliki manfaat yang banyak dalam proses kerja mekanik, salah satunya adalah untuk membersihkan saringan udara pada proses maintenance/perawatan.
Kompresor
Kompresor
Ada beberapa tips atau cara untuk merawat kompresor agar awet digunakan yang bisa dilakukan. Perawatan ini terbilang sederhana dan tentunya bisa anda lakukan dengan baik tanpa perlu merasa kesulitan.

1. Sebelum menyalakan kompresor sebaiknya lakukan pengecekan terhadap belt, baut, mur dan komponen lain yang terpasang pada alat. Jangan hidupkan alat kompresor bila belt terlihat kendor dari biasanya. Kencangkan baut dan mur apabila ada yang kendor.

2. Periksa alat dari kotoran atau sampah yang menempel terutama pada bagian belt, jangan sampai ada sampah yang mengganggu komponen bergerak pada kompresor.

3. Sebaiknya kompresor ditempatkan pada bidang yang rata, jauh dari jangkauan orang banyak dan tentunya bersih dari debu.

4. Ketika menggunakan kompresor selalu periksa keadaan pressure gauge untuk mengetahui tekanan udara yang terkandung pada tabung kompresor.

5. Setelah menggunakan kompresor sebaiknya udara sisa yang terkandung dalam tabung kompresor dibuang hingga habis. Ini dilakukan sebagai pencegahan supaya udara tersebut tidak mengembun dan menjadi air. Air dapat menyebabkan karatan pada logam dan lama kelamaan akan merusak kompresor itu sendiri.

Itulah lima poin penting dalam merawat kompresor supaya awet digunakan.
Bagikan: