Cara Membersihkan Saringan Udara Pada Mobil

Cara Membersihkan Saringan Udara Pada Mobil - Saringan udara atau dalam bahasa tekhniknya adalah air cleaner. Adalah komponen penting yang berfungsi untuk menyaring udara sebelum digunakan untuk proses pembakaran di dalam mesin. Dalam beberapa contoh, khususnya pada alat generator set (genset) produk Komatsu terdapat salah satu indikator yang bernama dust indicator. Jika piston merah pada dust indicator tersebut terlihat, maka elemen udara harus dibersihkan dan kemudian reset dust indicator ke keadaan seperti semula. Jika setelah dibersihkan piston merah tetap terlihat, segera ganti elemen saringan udara tersebut.

Hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan saringan udara adalah jangan membersihkan atau mengganti elemen saat engine hidup. Gunakan safety glasses (kacamata), dust mask atau alat pelindung muka lainnya ketika membersihkan elemen dengan udara bertekanan. Semprotkan udara kering bertekanan (kurang dari 7 kg/2) dari bagian dalam elemen sepanjang lipatan, kemudian arahkan dari bagian luar dan dari bagian dalam sekali lagi.
Saringan Udara
Saringan Udara
Perhatikan gambar di bawah berikutnya. Saringan udara terdiri dari dua bagian, yaitu elemen dalam (inner element, 10) dan elemen luar (outer element, 6). Setiap melakukan pembersihan elemen luar, lepas satu stiker (terdapat 6 stiker) yang terdapat pada cover air cleaner. Jika elemen luar telah dibersihkan sebanyak 6 (enam) kali, maka elemen dalam harus diganti. Ganti nut (8), washer (9), snap ring (7), wing nut (4) dan seal washer (5) jika telah rusak.
Element Air Cleaner
Element Air Cleaner

Bagikan: