Cara Membersihkan Radiator Mobil dan Alat Berat

Cara Membersihkan Radiator Mobil dan Alat Berat - Radiator adalah salah satu komponen pendingin untuk sebuah engine yang mana penerapannya sudah banyak digunakan baik itu pada alat berat, mobil dan bahkan sepeda motor sekalipun. Secara umum radiator memiliki cara kerja yang sama, entah itu yang menempel di mobil ataupun yang digunakan pada alat berat. Maka dari itu, uraian berikut akan menjelaskan bagaimana caranya membersihkan radiator dengan benar. Membersihkan radiator adalah salah satu kegiatan service yang cukup penting, namun sayangnya sering diabaikan.
Radiator
Radiator
Perhatikan gambar di atas. Buka tutup radiator (1) secara perlahan. Letakkan wadah di bawah drain valve (2 dan 3), lalu buka drain valve (2 dan 3) untuk membuang air. Setelah semua terbuang, tutup kembali drain valve (2 dan 3), kemudian isi cooling system (sistem pendingin) dengan air bersih. Buka drain valve (2 dan 3), kemudian running engine (nyalakan mesin) pada putaran rendah, lakukan pembilasan selama 10 menit. Atur kecepatan pengisian dan pembuangan air, sehingga radiator tetap penuh. 

Setelah pembilasan, matikan engine lalu buka drain valve (2 dan 3), kemudian tutup kembali jika seluruh air sudah keluar. Bersihkan cooling system dengan cairan pembilas. Buka kembali drain valve (2 dan 3) untuk membuang seluruh air. Tutup drain valve (2 dan 3) dan isi kembali cooling system dengan air bersih sampai penuh. Buka drain valve (2 dan 3), kemudian running engine pada putaran rendah dan lakukan pembilasan sampai air yang keluar terlihat jernih. Atur kecepatan pengisian dan pembuangan air, sehingga radiator tetap penuh.

Matikan engine dan tutup drain valve (2 dan 3), kemudian tambahkan air bersih sampai meluber di lubang pengisian. Untuk membuang udara dari cooling system, dengan cara tutup radiator (1) dilepas, running engine selama 5 (lima) menit pada putaran rendah, kemudian pada putaran tinggi selama 5 (lima) menit. Matikan engine tunggu selama 3 (tiga) menit, kemudian tambah air sampai meluber di lubang pengisian. 

Keluarkan air pendingin pada sub tank, kemudian bersihkan bagian dalam dari sub tank. Isi kembali sub tank sampai pertengahan tanda FULL dan LOW.
Bagikan: