Tekanan, Rapat Relatif dan Kekentalan Fluida

Tekanan, Rapat Relatif dan Kekentalan Fluida - Pada halaman ini akan dibahas beberapa topik yang pernah ditulis sebelumnya. Artinya bahwa kita akan mempelajari lebih dalam lagi tentang salah satu basic machine element dan dasar hidrolik ini.

Tekanan (Pressure) 
Tekanan adalah gaya pada satuan luas, hukum Pascal menyatakan bahwa “zat cair dalam ruangan tertutup dan diam (tidak mengalir) mendapat tekanan maka tekanan tersebut akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata dan tegak lurus bidang permukaannya.” Penerapan hukum Pascal diilustrasikan pada gambar dibawah ini.
Tekanan
Tekanan
Gambar (a) menunjukkan bahwa tekanan fluida (oli) yang terdapat dalam hydraulic cylinder mampu mengangkat sebuah beban. Pada gambar (b) dua buah cylinder mampu mengangkat beban dua kali lipat dari gambar (a), hal ini terjadi karena menggunakan dua buah piston hydraulic cylinder. Jumlah piston pada gambar (c) adalah satu buah tetapi piston tersebut memiliki luas permukaan dua kali lipat dari gambar (a) dan sama dengan gambar (b). Hal tersebut menunjukkan bahwa pergerakan piston (gaya) dipengaruhi oleh tekanan dan luas penampang, sehingga dapat dirumuskan sebagai berikut ini.
Rumus Tekanan
Rumus Tekanan
Pengukuran tekanan fluida dibagi menjadi dua macam yaitu : 
- Tekanan gauge : pengukuran tekanan yang mengabaikan tekanan udara (Tekanan Atmosphere) atau nilai yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk pada alat pengukur tekanan (pressure gauge). 
Tekanan absolute : tekanan yang dipengaruhi oleh besarnya tekanan udara lain. 
Tekanan Absolute = Tekanan Gauge + Tekanan Atmosphere.

Tekanan diukur menggunakan alat yang disebut dengan pressure gauge dengan satuan kg/cm2, Psi dan atmosphere. Dimana harga 1 kg/cm2 adalah sama dengan 1 atmosphere. Untuk pengukuran tekanan rendah yang lebih akurat digunakan manometer berupa gelas pipa yang berisi mercury. Besarnya tekanan dapat dilihat dari tinggi selisih pada pipa gelas (height of mercury column) dengan satuan mmHg atau InHg.
Pengukur Tekanan
Pengukur Tekanan
Rapat Relatif (Spesific Gravity)
Rapat Relatif  atau spesific gravity adalah perbandingan (ratio) antara berat jenis (density) suatu zat cair dengan berat jenis air murni. Spesific gravity setiap material berbeda-beda, air murni mempunyai specific gravity satu, sedangkan battery electrolyte mempunyai specificity graffiti 1,26 - 1,28 pada temperature 80°F (26,7°C ).

Kekentalan (Viscosity)
Viscosity atau viskositas adalah ukuran kemampuan suatu cairan untuk mengalir, semakin tinggi viskositasnya maka kemampuan mengalirnya semakin berkurang. Misalnya oli memiliki viskositas lebih baik dari fuel sehingga oli lebih susah mengalir dibandingkan dengan fuel, Oli mesin dengan viskositas rendah bersifat encer dan mengalir dengan mudah dibandingkan dengan oli dengan viskositas tinggi yang bersifat lebih kental dan mengalir lebih lambat. Viskositas dipengaruhi oleh temperatur, bila oli panas maka oli akan menjadi lebih encer dan mengalir lebih cepat daripada oli dalam keadaan dingin. 
Bagikan: