Prosedur Starting Engine (Menghidupkan Mesin)

Prosedur Starting Engine (Menghidupkan Mesin) - Setelah kita mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyalakan mesin maka kitapun harus memahami sebuah alat atau kendaraan saat dinyalakan. Terdapat dua prosedur dalam starting engine (menghidupkan mesin), yaitu normal starting dan starting in the cold weather.

- Normal Starting
Pastikan tidak ada orang atau rintangan di sekitar mesin atau kendaraan. Bunyikan klakson sebelum men-start engine. Hati-hati terhadap gas buang yang keluar dari mufler karena beracun. Pastikan terdapat ventilasi yang baik, saat menghidupkan engine di ruang yang sempit. 
Khusus Untuk Alat Berat
Khusus Untuk Alat Berat
Khusus untuk kendaraan alat berat, periksa bahwa safety lock berada pada posisi LOCK. Engine tidak dapat di start jika posisi safety lock berada pada posisi FREE. Posisikan fuel control dial pada posisi low idling (MIN). Jika fuel control dial diposisikan pada posisi high idling (FULL), engine akan tiba-tiba berakselerasi dengan cepat dan akan menyebabkan kerusakan pada komponen engine. Putar kunci pada posisi START dan  lepas ketika  engine sudah running, kunci akan otomatis kembali ke posisi ON. Jangan menstart engine terus menerus lebih dari 20 detik.
Jika engine belum bisa hidup, tunggu sedikitnya 2 (dua) menit sebelum mencoba men-start kembali. Jangan mengoperasikan control levers atau control pedal ketika engine oil pressure warning lamp pada monitor menyala. Jika engine oil pressure warning lamp tetap menyala setelah 4 (empat) s/d 5 (lima) detik, segera matikan engine. Periksa level oli atau kemungkinan terjadi kebocoran oli. Lakukan perbaikan jika diperlukan. 

- Starting in Cold Weather 
Pada dasarnya, prosedur starting in cold weather sama dengan prosedur normal starting. Hanya saja, prosedur starting in cold weather diawali dengan proses pre-heating, sebagai pemanas awal. Sebelum men-start engine, putar kunci pada posisi HEAT dan periksa preheating lamp pada monitor panel. Pre-heating lamp akan menyala selama proses pre-heating berlangsung. Setelah ±18 detik pre-heating lamp akan mati, ini menandakan bahwa proses pre-heating sudah selesai. Putar kunci pada posisi START untuk menghidupkan engine. 
Bagikan: