Program Pemeliharaan Undercarriage (P2U)

Program Pemeliharaan Undercarriage (P2U) - Satu lagi yang tak bisa ditinggalkan dari bagian perawatan yang tergabung dalam condition based maintenance adalah Program Pemeliharaan Undercarriage (P2U). Sama halnya dengan Program Pemeriksaan Mesin (PPM), Program Pemelihaman Undercarriage (P2U) ini pun merupakan bagian dari konsep total service yang diusung oleh perusahaan Komatsu dan perusahaan besar lainnya. Tujuan program ini adalah mengurangi biaya pemeliharaan undercarriage yang ditunjukkan kepada para pemilik alat. Kenapa harus membuang 90% komponen-komponen undercarriage, jika hanya terdapat 10% saja yang mengalami keausan?
Program Pemeliharaan Undercarriage
Program Pemeliharaan Undercarriage
Dengan melakukan Program Pemeliharaan Undercarriage (P2U), melalui proses peremajaan (rebuild), bisa dikurangi biaya (cost) sebesar 60% dari harga komponen baru dengan kualitas yang dijamin 80% dari jangka waktu pakai komponen baru. Program Pemeliharaan Undercarriage (P2U) terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu : 
• Inspeksi keausan secara berkala atas komponen-komponen undercarriage seperti track link, track roller, carrier roller, front idler atau sprocket
• Analisa keausan komponen undercarriage berupa Track Inspection Report yang memberikan rekomendasi secara terperinci mengenai langkah-langkah yang sebaiknya diambil untuk pemeliharaan undercarriage agar dapat mencapai jangka waktu pakai yang maksimal.
Bagikan: