Preventive Maintenance Alat Berat

Preventive Maintenance Alat Berat - Sebagai informasi umum bahwa perawatan dalam pembasan ini juga dapat dipraktekan pada kendaraan biasa seperti mobil dan motor. Preventive maintenance adalah perawatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan timbulnya gangguan atau kerusakan pada alat. Perawatan ini dilakukan tanpa perlu menunggu tanda-tanda atau terjadinya kerusakan. Preventive maintenance ini terbagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu Periodic Maintenance, Schedule Overhaul dan Condition Based Maintenance. Dan berikut ini adalah uraian selengkapnya.

Periodic Maintenance 
Periodic maintenance adalah pelaksanaan service yang dilakukan setelah alat bekerja untuk jumlah jam operasi tertentu. Jumlah jam operasi ini adalah sesuai dengan jumlah yang ditunjukan oleh pencatat jam operasi (service meter) yang ada pada alat tersebut (lihat contoh gambar di bawah). 
Service Meter
Service Meter
Periodic maintenance terbagi menjadi 2 (dua) tugas, yaitu : 
- Periodic Inspection 
Periodic inspection adalah inspeksi atau pemeriksaan harian (daily– 10 hours) dan mingguan (weekly– 50 hours) sebelum unit dioperasikan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah alat dalam kondisi aman untuk dioperasikan. Pada pelaksanaan pemeriksaan harian (daily) dapat menggunakan beberapa alat bantu, diantaranya dengan menggunakan check sheet (suatu form yang digunakan untuk mencatat hasil operasi dari tiap-tiap alat dalam satu hari operasi). Atau bisa juga menggunakan daily check (suatu form seperti halnya check sheet namun berbeda pada ukurannya, sehinggga operator atau mekanik akan dengan mudah mencatatnya).
- Periodic Service 
Periodic service adalah suatu usaha untuk mencegah timbulnya kerusakan pada suatu alat yang dilakukan secara berkala/continue dengan interval pelaksanaan yang telah ditentukan berdasarkan service meter/hour meter (HM). Perawatan alat atau machine secara teratur (berkala) adalah sangat penting demi menjamin pengoperasian alat yang bebas dari kerusakan. Selain itu, dengan melaksanakan perawatan alat secara teratur, umur alat dapat mencapai atau sesuai umur yang direkomendasikan oleh pabrik.

Schedule Overhaul 
Schedule overhaul adalah jenis perawatan yang dilakukan dengan interval tertentu sesuai dengan standard overhaul masing-masing komponen yang ada. Schedule overhaul dilakukan untuk merekondisi machine atau komponen agar kembali ke kondisi standard sesuai dengan standard pabrik. Interval waktu yang telah ditentukan dipengaruhi oleh kondisi yang beraneka ragam seperti kondisi medan operasi, pelaksanaan periodic service, keterampilan operator dan lain sebagainya. Baca selengkapnya >>

Condition Based Maintenance 
Condition based maintenance adalah jenis perawatan yang dilakukan berdasarkan kondisi unit yang diketahui melalui Program Analisa Pelumas (PAP), Program Pemeriksaan Mesin (PPM), Program Pemeliharaan Undercarriage (P2U) atau Program Pemeriksaan Harian (P2H). Condition based maintenance juga dapat dilakukan berdasarkan Part and Service News (PSN) atau modification program yang dikeluarkan oleh pabrik.
Bagikan: