Pengertian Program Analisa Pelumas

Pengertian Program Analisa Pelumas - Condition Based Maintenance adalah salah satu perawatan yang juga sudah disinggung sedikitnya di halaman Preventive Maintenance. Salah satu jenis perawatan dari condition based maintenance yang akan dibahas kali ini adalah Program Analisa Pelumas (PAP).

Program Analisa Pelumas (PAP)
Program Analisa Pelumas (PAP) merupakan suatu sistem perawatan yang dilaksanakan secara ilmiah. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sedini mungkin keausan dan gejala kerusakan pada komponen yang disebabkan oleh keausan yang tidak wajar tanpa harus membongkar komponen tersebut. (Perhatikan gambar berikut di bawah).
PAP
Program Analisa Pelumas (PAP)
Program ini dilaksanakan dengan mengambil contoh minyak pelumas (sample) pada alat yang dilakukan secara berkala. Setiap contoh minyak pelumas yang diambil akan dianalisa di laboratorium untuk mengetahui jenis serta kadar logam yang terdapat di dalam minyak pelumas tersebut, sehingga dapat diketahui kemungkinan kerusakan yang akan terjadi. Sebagai contoh, dapat diketahui keausan yang tidak wajar pada bearing, sleeve, piston, crankshaft, hydraulic pump atau valve.

Melalui Program Analisa Pelumas (PAP) dapat diketahui juga gejala penurunan kemampuan engine, masalah-masalah pembakaran, kebocoran air pendinginan atau bahan anti freeze dan kotoran-kotoran yang bercampur dengan oil. Dengan demikian kerusakan yang berakibat fatal dapat diketahui secepatnya. Selain itu, dengan melaksanakan Program Analisa Pelumas (PAP) juga akan membantu perencanaan perawatan yang lebih ekonomis, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.  
Bagikan: