Pengertian Internal Oil Leakage

Pengertian Internal Oil Leakage - Internal oil leakage adalah kebocoran oli dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah melalui gap atau clearance yang terdapat pada pompa. Pada pompa roda gigi (gear pump) terdapat clearance antara gear dengan case, antara gear dan side plate dan antara drive gear dengan driven gear yang memungkinkan oli bocor. Oli yang bocor ini juga dimanfaatkan untuk pelumasan. Gambar di bawah menunjukkan tempat-tempat yang memungkinkan oli bocor. Kebocoran oli ini menyebabkan jumlah oli yang di-delivery berkurang. Semakin tinggi tekanan discharge, semakin banyak oli yang bocor. Semakin besar clearance juga menyebabkan semakin banyaknya oli yang bocor. Demikian pula bila oli yang digunakan terlalu encer.
Oil Leakage
Oil Leakage
Adapun sumber internal leakage tersebut adalah sebagai berikut: 
• Antara ujung gigi dengan rumahnya, disebut top clearance. 
• Antara sisi gigi dengan sisi plat, disebut side clearance. 
• Antara gigi yang satu dengan gigi lainya, disebut backlash. 
Berdasarkan internal leakage tersebut dan berdasarkan konstruksinya, maka eksternal gear pumpdigolongkan menjadi dua, yaitu : 
- Fixed side plate type 
Side plate pompa ini tidak dapat bergeser-geser. Kontruksinya ada yang menjadi satu dengan housing dan ada pula yang terpisah, tetapi diikat terhadap housingnya. Pompa ini mempunyai discharge pressure antara 30 Kg/cm2 sampai dengan 125 Kg/cm2 dengan volumetric efficiency 75% s/d 80%. Komatsu menamakan pompa jenis ini tipe FAL/R dan GAL/R. 

- Movable side plate type (pressure balancing type) 
Side plate pompa ini dapat bergeser-geser untuk semakin menjepit gear bila tekanan naik, sehingga internal leakage dapat diperkecil sebab side clearance juga kecil. Pompa ini mempunyai discharge pressure lebih besar, yaitu mulai dari 140 Kg/cm2 dengan volumetric efficiency adalah 93% pada maksimum rpm dan sekitar 88% pada setengah maksimum rpm dengan tekanan yang maksimum.
Bagikan: