Macam dan Spesifikasi Baut (Bolt)

Macam dan Spesifikasi Baut (Bolt) - Fasteners atau pengencang digunakan untuk menggabungkan beberapa parts atau komponen menjadi suatu komponen assembly. Fasteners digunakan karena komponen assembly tidak bisa dibuat secara utuh dari satu bagian sehingga dibuat dari beberapa parts atau komponen untuk mempermudah pembuatan, pemasangan, perawatan dan perbaikan. Salah satu fasteners yang akan dibahas pada halaman ini adalah baut atau bolt.
Baut (bolt) adalah fasteners yang digunakan sebagai pasangan dari mur (nut). Bentuk lain bolt adalah capscrew yang merupakan fasteners pasangan dari lubang ulir. Dengan demikian, bolt dan capscrew dibedakan berdasarkan aplikasi pemakaiannya sebagai fasteners. Berbagai macam bolt dan capscrew ditunjukkan pada gambar berikut ini.
Macam bolt dan capscrew
Macam bolt dan capscrew
Bentuk bolt terdiri atas head body dan thread. Ukuran head dan bolt menentukan berapa ukuran kunci dan socket yang digunakan. Ukuran bolt ditentukan oleh diameter puncak thread, sedangkan panjang bolt diukur dari bagian bawah head ke bagian ujung thread (bolt). Beberapa bentuk bolt memiliki ketentuan penentuan ukuran panjang yang berbeda seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini,
Dimensi Bolt
Dimensi Bolt
Bagikan: