Klasifikasi Piston Pump

Klasifikasi Piston Pump - Piston pump sering sekali dipakai pada sistem hidrolik yang modern, dimana digunakan untuk kecepatan tinggi (high speed) dan tekanan tinggi (high pressure). Bagaimanapun, konstruksi piston pump lebih rumit dan relatif lebih mahal dibandingkan pompa hidrolik lainnya. Piston pump dapat dibuat fixed atau variable displacement. Piston pump terbagi menjadi dua, yaitu axial piston pump dan radial piston pump.

Axial Piston Pump 
Pada axial piston pump, piston dipasang berbaris parallel (in line parallel) dengan shaft pompa (pump’s axis). Axial piston pump terbagi menjadi dua juga, yaitu in line axial piston pump dan bent axis axial piston pump.

- In line Axial Piston Pump. Berdasarkan konstruksinya tipe ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
In line axial piston pump - variable displacement. Pada pompa tipe ini, langkah piston dapat berubah karena swash plate (kemiringan swash plate dapat berubah-ubah), dimana piston ditumpu dapat bergerak sehingga menentukan langkah piston. 
In line axial piston pump - variable displacement
In line axial piston pump - variable displacement
In line axial piston pump - fixed displacement. Pada pompa tipe ini, kemiringan swash plate dibuat tetap (fixed), sehingga langkah piston selalu tetap. Dengan demikian konstruksi pompa lebih sederhana, karena tidak dilengkapi servo divice (alat yang mengatur sudut swash plate). 
In line axial piston pump - fixed displacement
In line axial piston pump - fixed displacement
- Bent Axis Axial Piston Pump. Konstruksi pompa ini sudah dibuat menyudut sedemikian rupa dan sudutnya tetap.

Radial Piston Pump
Radial piston pump mudah dibuat dibandingkan pompa-pompa lainnya. Pompa tipe ini bisa direncanakan untuk tekanan tinggi, volume yang besar, kecepatan tinggi dan variable displacement. Radial piston pump terbagi menjadi dua, yaitu radial piston pump rotating cam dan radial piston pump rotating piston.

- Radial piston pump rotating cam. Pada pompa tipe ini untuk mendapatkan langkah piston, cam yang berputar.
- Radial piston pump rotating piston. Pada pompa tipe ini, piston diputar oleh drive shaft, sedangkan cam-nya tetap (tidak berputar).
Bagikan: