Jenis-jenis Flow Control Valve

Jenis-jenis Flow Control Valve - Flow control valve adalah katup yang berfungsi mengatur jumlah aliran oli yang akan masuk ke actuator. Katup-katup yang termasuk kedalam katup pengontrol jumlah aliran adalah throttle valve, suction valve, flow reducing valve, flow divider valve, demand valve, dan quick drop valve

• Throttle Valve 
Throttle valve berfungsi untuk mengalirkan oli ke dua arah dimana arah aliran kembali dipersempit, sehingga kapasitas oli yang mengalir menjadi kecil. Throttle valve banyak digunakan pada lift cylinder pada forklift. Konstruksi dari throttle valve ditunjukkan oleh gambar di bawah.
Throttle valve
Throttle valve
• Suction Valve 
Nama lain suction valve adalah make-up valve, intake valve, suction return valve, vacuum valve atau antivoid valve. Suction valve berfungsi untuk mencegah kevacuman di dalam sirkuit hidrolik. Suction valve biasanya terletak antara control valve dan actuator. Konstruksi dari suction valve ditunjukkan oleh gambar di bawah. 
Suction valve
Suction valve
• Flow Reducing Valve 
Flow reducing valve atau flow check valve berfungsi untuk mengurangi jumlah oli yang akan menuju actuator agar gerakan actuator menjadi lambat sesuai dengan load/bebannya. Lambatnya gerakan actuator tersebut mempermudah operator saat memposisikan  attachment.  Flow reducing valve banyak digunakan pada tilt cylinder pada bulldozer. Konstruksi dari flow reducing valve ditunjukkan oleh gambar di bawah. 
Flow reducing valve
Flow reducing valve
• Flow Divider Valve 
Flow divider valve berfungsi untuk membagi aliran oli dari satu pompa menjadi dua aliran dimana salah satu alirannya konstan. Flow devider valve banyak digunakan pada motor grader.

• Demand Valve 
Demand valve berfungsi untuk menjaga agar aliran oli yang menuju ke sistem steering selalu konstan. 

• Quick Drop Valve 
Quick drop valve berfungsi untuk mempercepat penurunan blade sewaktu control valve posisi lower, dimana oli dari sisi cylinder head disalurkan ke sisi cylinder bottom. Quick drop valve banyak digunakan pada lift cylinder bulldozer.
Bagikan: