Jenis-jenis Anti Friction Bearing

Jenis-jenis Anti Friction Bearing - Seperti janji saya bahwa pada artikel berikutnya akan dibahas satu macam lagi dari tipe bearing. Anti friction bearing adalah satu tipe bearing yang berbeda dari apa yang pernah dibahas sebelumnya, yakni Plain Bearing.

Anti friction bearing memiliki tiga jenis bentuk dasar bearing, anda bisa perhatikan di bawah.
- Ball Bearing 
ƒ- Roller Bearing 
ƒ- Needle Bearing 
Anti friction bearing
Anti friction bearing
Anti friction bearing terbuat dari baja yang dikeraskan (hardened steel). Dimana bagian-bagian utama dari anti friction bearing adalah sebagai berikut.
- Race adalah cincin bagian dalam (inner race) dan cincin bagian luar (outer race) sebagai tempat dudukan elemen gelinding. 
- Ball, rollers atau needle adalah elemen gelinding untuk mengurangi gesekan. 
- Separator atau cages adalah pengatur jarak antara elemen gelinding.
Bagian-bagian bearing
Bagian-bagian bearing
• Ball Bearing
Ball bearing memiliki empat macam race, yaitu conrad bearing, full type bearing, split race bearing dan angular contact bearing.
Ball bearing
Ball bearing
Ball bearing dibagi menjadi empat macam berdasarkan beban yang diterimanya, yaitu radial load bearing, radial and thrust load bearing, self aligning radial load bearing dan thrust load bearing.

• Roller Bearing
Roller bearing digunakan untuk menumpu beban yang lebih besar dibandingkan dengan ball bearing. Berdasarkan beban yang diterima, roller bearing digolongkan menjadi seperti berikut.
- Radial Load, Straight Roller Bearing. 
- Radial and Thrust Load, Tapered Roller. 
- Self Aligning, Radial and Thrust Load. 
- Self Aligning, Radial and Thrust Load Concave Roller Bearing. 
- Thrust Load

• Needle Bearing 
Needle bearing memiliki elemen gelinding berdiameter kecil atau berbentuk jarum, karena bentuknya tersebut maka needle bearing banyak digunakan untuk tempat dengan ruang terbatas. Jenis needle bearing meliputi radial load bearing dan thrust load bearing
Needle Bearing
Needle Bearing

Bagikan: