Hal Penting Saat Membeli Alat / Kendaraan Baru

Hal Penting Saat Membeli Alat / Kendaraan Baru - Banyak orang berfikir bahwa alat atau kendaraan yang baru adalah sebuah mesin yang sudah siap pakai dan dapat bekerja secara penuh. Sebetulnya pemikiran seperti itu sama sekali kurang tepat. Walaupun alat/machine telah disetel sedemikan rupa dengan hati-hati sekali sebelum dikapalkan, akan tetapi suatu machine baru membutuhkan pengoperasian yang hati-hati pada 250 jam pertama untuk mendudukkan bagian-bagian yang bergerak dari machine tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

• Setelah start, running engine (nyalakan mesin) kira-kira 5 (lima) menit pada putaran rendah (low idle) untuk memanaskannya sebelum beroperasi. 
• Hindari menjalankan engine pada putaran tinggi (high idle). 
• Hindari menjalankan atau menambah kecepatan engine secara tiba-tiba, mengerem dengan tiba-tiba atau berbelok dengan tajam jika tidak diperlukan. 
• Oli dan elemen saringannya harus diganti seluruhnya dengan oli dan elemen saringan yang baru dan asli. 
• Ingatlah untuk selalu melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala seperti yang ditunjukan pada jelaskan pada halaman Preventive Maintenance
• Ingatlah untuk selalu mempergunakan  baban bakar dan minyak pelumas yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat.

Untuk periodic service yang pertama (initial), jika alat masih baru maka perlu diperlakukan secara khusus. Dalam hal ini ada beberapa item yang harus diganti walaupun umur pakainya belum selesai. Dengan melakukan hal ini berarti biaya yang dikeluarkan memang lebih besar di awal kepemilikan alat seperti yang diperlihatkan pada kurva bak mandi (bath up curve) di bawah. 
Kurva bak mandi
Kurva bak mandi
Selama periode A, perlu perhatian lebih khusus agar periode B dapat diperpanjang. Perawatan yang dilaksanakan selama periode B perlu diperhatikan juga agar kenaikan biaya pada periode C menjadi rendah. Secara keseluruhan apa yang dilakukan pada setiap periodic service dapat dilihat pada Shop Manual masing-masing produk.
Bagikan: