Gaya yang Mendorong Gear Pump

Gaya yang Mendorong Gear Pump - Masih dalam pembahasan gear pump. Memang gear pump ini harus dipelajari lebih dalam karena penggunaannya yang sangat luas. Gambar dibawah menunjukkan arah gaya yang mendorong gigi-gigi gear pump, dimana gaya yang terjadi adalah pada sisi discharge dan akan memaksa gigi-gigi bertahan ke sisi suction. 
Gaya yang Mendorong Gear Pump
Gaya yang Mendorong Gear Pump
Agar pompa tahan lama, maka gaya dorong di sisi discharge harus diimbangi dengan gaya dorong lain yang berlawanan. Untuk keperluan ini ada beberapa jalan yang ditempuh antara lain V-groove, balancing line dsb. Selain itu, diperlukan juga gaya pada bagian belakang pompa untuk menekan bushing agar side clearance tidak membesar pada saat tekanan meningkat di sisi discharge. Hal ini dilakukan dengan menyalurkan oli yang bertekanan tinggi di sisi discharge ke cover untuk mendorong 
bushing atau side plate. Nama saluran ini adalah high pressure oil introduction hole. Bagian yang perlu tekanan terbesar adalah sisi discharge pada bushing, sedang sisi suction kecil saja untuk menyalurkan balancing pressure.

Baca juga: Pengertian Internal Oil Leakage

Sewaktu gigi-gigi pompa bertemu (mesh), ada sebagian oli yang terjebak di sela-sela gigi pompa. Ketika ruangannya menyempit dan oli terjebak di sela-selanya akan menyebabkan tekanan naik. Tekanan tinggi ini akan mendorong gigi-gigi pompa dan merusak bagian-bagian pompa. Perhatikan saja gambar di bawah.
Entrapment Relief Groove
Entrapment Relief Groove
Untuk melepaskan tekanan ini dibuatlah entrapment relief groove yang terdapat pada side plate atau pada bushing. Ada juga yang menyebut entrapment relief grooveini sebagai relief notch. Sedangkan di sisi suction, dibuat entrapment vacuum groove untuk mencegah kevakuman di sisi suction pada saat awal pompa mulai bekerja. 
Bagikan: