Fungsi Snap Ring, Clamp dan Key

Fungsi Snap Ring, Clamp dan Key - Tiga jenis fasteners yang terakhir ini (snap ring, clamp dan key) juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia otomotif. Sebagai mekanik kita harus mengetahui apa saja yang disebut dengan fasteners, dimulai dari topik tentang baut sampai halaman ini.

Snap Ring 
Snap ring merupakan pendukung yang berfungsi sebagai lock penempatan posisi atau penahan (retainer), contohnya adalah menempatkan dan menahan posisi shaft pada hole. Alat untuk memasang dan melepas snap ring pun menggunakan alat khusus yang bernama tang sirklip. Macam-macam bentuk snap ring ditunjukkan pada gambar berikut ini.
Snap Ring
Snap Ring
Clamp 
Clamp digunakan untuk pengikat pada penyambungan hose ke pipa logam, clamp digunakan sebagai pengikat agar tidak terjadi kebocoran cairan atau udara, tipe clamp ini disebut hose clamp. Bentuk clamp lain yang digunakan adalah wire rope clamp yang digunakan sebagai clamp untuk penyambungan wire rope. Gambar dibawah ini menunjukkan macam-macam hose clamp.
Clamp
Clamp
Key 
Key atau pasak digunakan sebagai lock antara roda sisi atau pulley tehadap shaft. Terdapat dua jenis key yaitu reactangular atau square key dan woodruf key seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Key
Key

Bagikan: