Fungsi dan Jenis Hydraulic Oil Filter

Fungsi dan Jenis Hydraulic Oil Filter - Fungsi oil filter adalah menyaring kotoran yang terkandung di dalam oli, agar tidak ikut bersikulasi ke dalam sistem. Pada oli filter assy dilengkapi dengan by pass valve yang berguna untuk memberikan jalan lain (safety) bila filter buntu/tersumbat. Selain itu pada unit-unit tertentu, ada juga yang dilengkapi dengan indicator filter. Bila by pass valve bekerja karena filter buntu/tersumbat, indikator akan memberikan tanda agar oil filter segera dibersihkan atau diganti dengan yang baru.
Oil Filter
Oil Filter
Secara umum filter terbagi menjadi dua jenis, yaitu surface dan depth, berikut adalah uraiannya.

Surface Filter 
Surface filter hanya memiliki satu permukaan yang dapat menyaring kotoran di dalam oli yang mengalir dalam satu arah saja. Beberapa jenis surface filter diantaranya adalah sebagai berikut:
- Wire Mesh Filter 
Wire mesh filter terbuat dari anyaman kawat kecil, biasa juga disebut strainer. 
- Metal Edge Filter 
Metal edge filter terbuat dari plat berbentuk gelang-gelang, sehingga jika disusun akan membentuk silinder bercelah, biasanya disebut screen. Bahan filter dapat terbuat dari logam atau cetakan kertas yang diberi tonjolan di salah satu sisinya. 
- Plated Paper Filter 
Plated paper filter tersusun dari lipatan kertas yang terbuat dari bahan selulose yang dicetak menjadi kertas filter dan diberi bingkai agar tahan terhadap perbedaan tekanan. 

Depth Filter 
Depth filter memiliki bahan saringan yang sangat banyak jumlahnya. 
Bagikan: