Definisi Maintenance Alat Berat dan Kendaraan

Definisi Maintenance Alat Berat dan Kendaraan - Maintenance atau perawatan secara umum dapat didefinisikan sebagai usaha-usaha atau tindakan-tindakan reparasi yang dilakukan untuk menjaga agar kondisi dan performa dari sebuah mesin selalu seperti kondisi dan performa dari mesin tersebut waktu masih baru, namun dengan biaya perawatan yang serendah-rendahnya. Untuk menjaga agar kondisi dan performa dari mesin tidak menurun adalah dengan melakukan usaha-usaha teknis, sedangkan menekan biaya perawatan serendah mungkin adalah menyangkut soal-soal management.

Alat-alat berat ataupun kendaraan biasa seperti mobil dan motor haruslah diperlakukan sebagai layaknya sebuah alat produksi, yaitu agar selalu ada dalam kondisi yang prima dan dapat bekerja secara terus menerus dengan down time yang seminimal mungkin. Hal-hal tersebut dapat dicapai dengan perawatan atau pemeliharaan yang baik. Perawatan yang dinilai baik adalah perawatan yang menghasilkan down time yang seminimal mungkin tetapi tentu saja dengan biaya perawatan yang serendah mungkin. 

Di bawah ini dapat dilihat beberapa kasus yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan. 
Penyebab Kerusakan
Penyebab Kerusakan
Kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam melaksanakan perawatan memiliki prosentase tertinggi, yaitu : 
- 41 % adalah kesalahan dalam melaksanakan Periodic Maintenance.
- 31 % adalah kesalahan dalam melaksanakan Periodic Inspection.
- 28 % adalah kesalahan dalam melaksanakan Prosedur Pengoperasian.

Dengan demikian, kesalahan dalam melakukan perawatan memiliki porsi yang besar, yaitu 72%. Maintenance atau perawatan berdasarkan uraian di atas dapat diartikan sebagai suatu kegiatan service untuk mencegah timbulnya keausan abnormal (kerusakaan), sehingga umur alat dapat mencapai atau sesuai umur yang direkomendasikan oleh pabrik. Kegiatan service tersebut meliputi berikut ini.
• Pengontrolan (Inspection). 
• Penggantian (Replace). 
• Penyetelan (Adjusting). 
• Perbaikan (Repair). 
• Pengetesan (Testing). 
Bagikan: