Apa Itu Corrective Maintenance

Apa Itu Corrective Maintenance - Corrective maintenance adalah perawatan yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi mesin ke kondisi standard melalui pekerjaan repair (perbaikan) atau adjutment (penyetelan). Berbeda dengan preventive maintenance yang pelaksanaannya teratur tanpa menunggu adanya kerusakan, corrective maintenance justru dilakukan setelah komponen/machine telah menunjukkan adanya gejala kerusakan atau rusak sama sekali. 

Corrective maintenance terbagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu : 
- Repair and Adjusment 
Repair and adjusment adalah perawatan yang sifatnya memperbaiki kerusakan yang belum parah atau machine belum breakdown (tidak bisa digunakan). Misal, jika terjadi gangguan pada sistem pengisian (no charging), maka salah satu cara memperbaikinya adalah dengan melakukan adjustment (penyetelan) alternator belt. 

- Brakedown Maintenance 
Top Overhaul
Top Overhaul
Brakedown maintenance adalah perawatan yang dilaksanakan setelah machine breakdown (tidak bisa digunakan). Hal ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan yang diabaikan terus menerus tanpa ada usaha untuk memperbaikinya. Kerusakan tersebut semakin lama semakin parah. Umumnya kerusakan kecil tadi menjadi besar dan menyebabkan komponen lain ikut menjadi rusak. Perawatan yang demikian ini akan menyebabkan biaya perbaikan melambung tinggi. Untuk menghindari ini, lakukanlah preventive maintenance dengan baik dan segera lakukan perbaikan jika muncul gejala kerusakan, agar kerusakan yang lebih besar dapat dihindari. 
Bagikan: