Tipe Suspensi Shock Absorbers

Tipe Suspensi Shock Absorbers - Shock absorbers sepertinya mirip dengan tipe suspensi yang sebelumnya pernah dibahas. Masih ingat dengan Hydropneumatic Suspension? Ya mungkin anda bisa mempelajarinya kembali sebelum melanjutkan uraian topik kali ini.

Shock absorber sangat banyak digunakan untuk sekarang ini, baik itu pada kendaraan roda empat seperti mobil bahkan kendaraan roda dua seperti motor. Penggunaan yang pesat ini mengindikasikan bahwa tipe suspensi yang satu ini adalah yang cukup modern, populer dan juga effisien jika dibandingkan dengan tipe-tipe yang lainnya.


Shock Absorbers
Shock Absorbers. Gambar diambil dari carpartkings.com
Shock absorber dapat juga disebut dengan damper, suspension damper atau buffer. Fungsi secara umum dari shock absorber adalah dua poin seperti berikut. 
• Meningkatkan kenyamanan berkendaraan dengan menahan getaran kendaraan dengan lambat. Efek dari menahan getaran pada kendaraan diantaranya seperti di bawah ini.
- Meningkatkan kenyamanan berkendaraan. 
- Menjaga muatan dari kerusakan. 
- Umur body kendaraan dapat lebih lama. 
- Menjaga kerusakan spring. 
- Kecepatan kendaraan meningkat. 
- Mengurangi kerusakan jalan. 

• Menjaga kontaknya wheel dengan permukaan jalan dengan cara menahan besar dan kecepatan getaran. Efek dari fungsi yang kedua ini seperti penjelasan di bawah. 
- Performance dari steering dapat ditingkatkan. 
- Meningkatkan kestabilan dalam perjalanan. 
- Fuel consumption dapat dikurangi. 
- Umur dari ban, suspensi dan link steering dapat lebih lama. 

Gaya yang menimbulkan getaran yang tidak diperlukan dinamakan damping forces, dan efeknya disebut dengan a damping effect

Bagikan: