Struktur Tire Pada Roda Kendaraan

Struktur Tire Pada Roda Kendaraan - Selain klasifikasi tire yang kita pelajari, struktur tire lebih penting untuk dipelajari dalam teknik mesin. Secara garis besar struktur tire tersusun dari empat bagian utama seperti carcass, tread, breaker dan bead. Selengkapnya akan dibahas secara tuntas di bawah.

• Carcass 
Carcass terletak di dalam ban, yang berfungsi menahan berat, goncangan, tumbukan dan tekanan angin. Carcass dibuat dari lembaran-lembaran ply cords. Karet yang membungkus/melapisi cord tidak hanya melindungi dari kerusakan luar, tetapi mencegah pergeseran diantara cords. 

• Tread 
Tread merupakan kulit luar dari ban, melindungi carcass dari keausan dan kerusakan. Bagian tread yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan disebut Crown. Bagian samping dari ban disebut Side Wall dan daerah pertemuannya dengan tread disebut Shoulder. Alur – alur yang dibuat pada permukaan ban disebut Groove atau Non-Skid. Dalamnya alur tersebut dinamakan Non Skid Depth, bagian dibawah groove dinamakan Skid Base. Karena side wall menerima gaya tekan dan gaya tarik selama ban beroperasi, maka side wall dinamakan flexing area.. Shoulder juga dinamakan Buttress dan merupakan bagian penyangga crown. 

• Breaker 
Breaker ditempatkan diantara tread dan carcass dengan tujuan sebagai peredam goncangan/tumbukan. Sebagai tambahan untuk mencegah pemisahan dan untuk mengurangi perubahan tiba-tiba dari elastisitas, selembar karet disisipkan diantara carcass dan breaker supaya berfungsi sebagai cushion (bantalan).

Baca juga: Klasifikasi Wheel (Roda) Pada Kendaraan

• Bead 
Bead digunakan di carcass, berfungsi untuk menahan kedua ujung dari cord, menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke rim (pelek). Bead wire (kawat bead) adalah cincin yang terbuat dari kawat baja dengan kadar karbon yang tinggi. Flipper menutup bead wire dan di dalamnya terisi bead filler, karet keras yang berbentuk segitiga (apex rubber). Bead filler membantu flipper agar bisa bercampur dengan baik di dalam ban. Bagian ujung yang berhubungan dengan pelek dan lebih dekat dengan pusat ban dinamakan bead toe. Bagian yang berhubungan dengan flens dari pelek dinamakan bead heel. Bagian luar dari daerah bead dilapisi oleh semacam ply cord (yang sudah dilapisi karet), dinamakan chafer.

Struktur Tire
Struktur Tire
Tread yang merupakan kulit luar dari ban memiliki bentuk yang berbeda-beda dan dinamakan tread pattern. Tread pattern pada dasarnya digolongkan menjadi empat jenis, yaitu Rib, Lug, Block dan Rib–lug.

Tread pattern
Tread pattern

Bagikan: