Starting Switch dan Glow Plug

Starting Switch dan Glow Plug - Engine akan mengaktifkan pre heating system ketika starting key ditempatkan pada posisi heat atau start. Arus listrik mengalir menuju glow plug sampai warnanya menjadi merah. Untuk memposisikan heat maka starting switchnya diputar berlawanan jarum jam seperti pada gambar dibawah ini.

Baca juga: Pre Heating System (Sistem Pemanasan Awal)

Starting Switch Posisi Heat
Starting Switch Posisi Heat
Glow Plug 
Glow plug adalah sebuah alat pemanas yang dengan komponen-komponen lain akan memanaskan udara untuk pembakaran pada engine. Jenis-jenis glow plug dan pemasangannya di engine adalah sebagai berikut.

Glow Plug
Glow Plug
Glow Plug Indikator 
Glow plug indikator biasa disebut dengan heater signal. Alat ini terpasang pada instrument panel di depan tempat duduk operator untuk mengindikasikan glow plug sudah dalam keadaan memanas (red hot stage). Pada prinsipnya apabila glow plug akan membara dan proses pemanasan berlangsung. Untuk mengetahui bahwa glow plug sudah membara maka dipasang glow plug indicator.

Baca juga: Alternator Brushless Dengan Semi Konduktor Regulator

Circuit Breaker 
Fungsi circuit breaker adalah mencegah kerusakan kerusakan komponen-komponen dan kabel - kabel pada sistem pemanasan awal yang dikarenakan arus berlebihan (short circuit).

Glow Plug Resistor 
Glow plug resistor terdiri dari dua hambatan (resistance) yang dihubungkan secara seri. Komponen ini berfungsi untuk mengatur besarnya arus listrik yang dibutuhkan oleh glow plug untuk proses pemanasan. 
Bagikan: