Sistem Suspensi Parallel Beam dan Hendrickson

Sistem Suspensi Parallel Beam dan Hendrickson - Parallel beam suspension system merupakan sistem suspensi yang dikenal dengan sebutan steel beam (sejenis baja), dinamakan juga equalizer beam atau bogie beam. Beam ini dikombinasikan dengan torque rod. Pada sistem ini tidak menggunakan spring sehingga kendaraan dapat lebih ringan dan biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Meski memiliki keunggulan seperti yang disebutkan di atas, yakni tidak menggunakan spring. Sistem suspensi ini sama sekali tidak menjadi komponen yang cukup dianjurkan. Entah kenapa tipe ini jarang ditemui di pasaran.

Parallel Beam
Parallel Beam
Hendrickson Suspension 
Hendrickson suspension merupakan sebuah equalizer beam suspension yang dilengkapi dengan leaf spring. Kombinasi ini membuat beban lebih ringan dan kenyamanan dalam berkendaraan. Kendaraan dengan berat yang ringan dapat menggunakan suspensi jenis ini. Berat seluruh sistem suspensi dikurangi dengan menggunakan alumunium equalizer beam. Bersama dengan torque rod, equalizer beam menahan axle untuk bergerak karena menerima beban dari arah longitudinal, transversal dan vertikal.

Bagikan: