Saat Unit Berjalan Lurus dan Membelok

Saat Unit Berjalan Lurus dan Membelok - Sebetulnya penjelasan mengenai kendaraan ketika berjalan lurus dan belok beberapa kali telah disinggung pada halaman yang sebelumnya. Namun begitu, alangkah lebih bagusnya prinsip kerja ini dimantapkan pada sesi ini.

Baca juga: Tipe dan Prinsip Dasar Differential

Penggunaan Differential
Penggunaan Differential
Saat Unit Berjalan Lurus 
Driven clutch mempunyai permukaan yang bergigi, dimana gigi tersebut berhubungan dengan spider yang kedua permukaannya bergigi dan didalamnya terdapat center cam yang bergigi pula pada kedua sisinya. Putaran dari bevel gear yang diteruskan ke spider dan selanjutnya ke driven clutch sebelah kiri dan kanan dengan kecepatan sama. Pada kondisi yang demikian gigi pada driven clutch berhubungan dengan gigi pada center cam (tanpa backlash) begitu juga gigi pada driven clutch berhubungan dengan gigi pada spider. Saat cage berputar karena penerusan tenaga dari transmisi maka spider akan berputar yang diteruskan ke driven clutch yang selanjutnya diteruskan pula memutar drive shaft yang menuju roda sebelah kanan dan kiri.

Baca juga: Penggunaan Differential Pada Kendaraan

Saat Unit Berjalan Membelok (salah satu hambatannya lebih besar)
Ketika unit berjalan membelok, maka putaran roda bagian luar atau yang hambatannya lebih kecil akan berputar lebih cepat. Karena hambatan yang timbul antara permukaan jalan dan roda beda maka center cam akan mendorong driven clutch kearah luar, akibatnya hubungan antara spider dengan driven clucth sebelah luar menjadi bebas (disengaged), maka roda sebelah luar bebas dan dapat berputar lebih cepat.
Bagikan: