Prinsip Dasar Shock Absorbers

Prinsip Dasar Shock Absorbers - Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, dan ini saya sebutkan kembali sebagai pengingat saja. Bahwa shock absorber dapat disebut dengan damper, suspension damper atau buffer. Fungsi secara umum dari shock absorber adalah meningkatkan kenyamanan berkendaraan dengan menahan getaran kendaraan dengan lambat dan menjaga kontaknya wheel dengan permukaan jalan dengan cara menahan besar dan kecepatan getaran.  

Media yang digunakan shock absorber untuk mengurangi getaran dibagi menjadi tiga, yaitu Viscosity resistance of fluid, Resistance of conductors moving in magnetic fields dan Friction of solid parts. Berdasarkan strukturnya shock absorbers ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu Telescopic Shock Absorbers dan Lever Type Shock Absorbers. Telescopic Shock Absorbers paling banyak digunakan di automobiles karena dari struktur yang sederhana dan biaya yang lebih kecil. Telescopic shock absorbers dibagi juga menjadi dua tipe yaitu single acting type dan double acting type.

Adapun prinsip dasar cara kerjanya adalah seperti gambar yang ditunjukan di bawah.

Prinsip Dasar Shock Absorbers
Prinsip Dasar Shock Absorbers
Ketika piston di dalam silinder bergerak ke atas dan ke bawah, akan terjadi perbedaan tekanan antara tekanan di atas dan di bawah piston karena aliran oli yang terhambat oleh orifice dari piston. Perbedaan tekanan tersebut bergantung pada ukuran orifice dan kecepatan piston.

Baca juga: Sistem Suspensi Parallel Beam dan Hendrickson
Bagikan: