Loss of Pressure dan Orifices Sistem Hidrolik

Loss of Pressure dan Orifices Sistem Hidrolik - Zat cair/fluida yang mengalir mempunyai karakteristik yang berbeda dengan zat cair/fluida yang diam. Jika aliran ditutup sebagian oleh plat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, maka kecepatan aliran di sekitar plat akan naik.
Loss of Pressure
Loss of Pressure
Perbedaan kecepatan aliran menyebabkan tekanan turun atau hilang (kerugian tekanan), yaitu karena viskositas zat cair/fluida itu sendiri yang menimbulkan tahanan gesek. Hal ini terjadi pada aliran zat cair/fluida yang mengalir dalam pipa yang panjang. Gesekan yang terjadi adalah persinggungan antara dinding pipa sebelah dalam dengan zat cair/fluida. 

Pengisian secara mendadak ke dalam saluran yang penampangnya persegi dan pembelokan arah aliran akan menaikan tahanan alir pada zat cair/fluida tersebut. Naiknya kecepatan aliran secara mendadak akan meningkatkan tahanan gesek yang diakibatkan oleh gelombang dan pusaran aliran zat cair/fluida. Peristiwa ini disebut turbulent flow.

Baca juga: Klasifikasi Tire (Ban) Pada Kendaraan

Loss of pressure dalam pipa atau saluran berbanding lurus dengan flow rate dan viscosity zat cair/fluida. Elemen kertas pada oil filter dan air cleaner memiliki lubang-lubang yang banyak jumlahnya agar oli atau udara dapat melewati filter. Jika elemen buntu, maka luasan yang dapat dilewati oli atau udara menjadi sempit, hal ini akan menyebabkan naiknya kecepatan aliran (velocity) oli atau udara, sehingga tekanan hilang semakin besar pula. Semua kerugian tekanan akan berubah menjadi panas (kalor). 

Orifice adalah lubang kecil yang terdapat dalam pipa/saluran untuk mempersempit aliran zat cair/fluida. Kecepatan aliran setelah melewati orifice akan meningkat jika flow-nya tetap. Naiknya kecepatan aliran akan menyebabkan turunnya tekanan yang berbanding lurus dengan flow dan berat jenis zat cair/fluida serta berbanding terbalik dengan diameter orifice. 
Orifices
Orifices
Sedangkan sifat-sifat orifice yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut:
• Tekanan hilang akan tinggi jika aliran dihambat. 
• Tekanan hilang akan semakin tinggi jika orifice semakin panjang. 
• Tekanan hilang akan semakin tinggi jika jumlah aliran dan nilai berat jenis zat cair/fluida semakin 
besar. 
• Tekanan hilang akan semakin tinggi jika orifice semakin sempit. 
• Energi yang hilang akan dirubah menjadi panas (kalor).

Bagikan: