Klasifikasi Wheel (Roda) Pada Kendaraan

Klasifikasi Wheel (Roda) Pada Kendaraan - Wheel dan tire menahan beban kendaraan dan sebagai bantalan dari beban kendaraan tersebut. Wheel dan tire mengendalikan traksi yang diteruskan ke permukaan tanah. Ketika kendaraan berjalan, wheel dan tire menahan kendaraan tetap terhadap permukaan tanah. Keseimbangan wheel membantu menghindari terjadinya suara bising ketika kendaraan berjalan dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Prinsip Dasar Shock Absorbers

Wheel di bagi dalam beberapa tipe yang dijelaskan seperti di bawah ini.
• Disc Wheel 
Disc wheel dibentuk dengan proses moulding. Disc wheel sangat cocok untuk produksi massal dan lebih ekonomis, banyak dipakai pada passenger cars, trucks, buses, dan yang lainnya. 
• Spoke Wheel 
Spoke wheel tersusun atas rim, center hub dan spokes. Dalam kehidupan sehari–hari spoke biasa disebut dengan jeruji. Tipe spoke ini biasa digunakn pada motorcycles dan sports cars karena memiliki berat yang ringan. 
• Light Alloy Wheel 
Tipe ini dibentuk dengan proses casting atau forging menggunakan bahan alumunium alloy atau magnesium alloy. Memiliki karakteristik ringan, kuat, tahan lama, dan mudah dibentuk dengan hasil yang akurat. Banyak digunakan pada passenger cars dan beberapa truck dan bus. 
• Spider Wheel 
Tipe ini sama halnya dengan tipe disc wheel, tetapi disc tidak langsung bertumpu pada wheel melainkan menggunakan adaptor yang disebut spider yang terletak pada hub. Spider berfungsi untuk dudukan disc. Disc duduk pada adaptor dengan cara di clamping. Dilakukan seperti ini agar pemasangan dan melepasnya lebih mudah. 
• Trilex Wheel 
Trilex wheel sama dengan spider wheel, tetapi tipe ini dibagi menjadi tiga bagian yang berpusat pada hubnya

Baca juga: Klasifikasi Shock Absorbers

Disc Wheel 
Disc wheel diklasifikasikan menjadi empat tipe, penggolongan ini berdasarkan JASO C603 (Japanese Automobile Standard Organization). Tabel penggolongannya adalah seperti gambar berikut ini.

Disc Wheel Type (JASO C603)
Disc Wheel Type (JASO C603)
Disc wheel terdiri dari rim yang menahan ban dan disc yang menyatukan wheel pada hub dari kendaraan. Disc terbuat dari plat baja tipis, disatukan dengan cara dirivet atau dilas. Rim terbuat dari plat baja yang dirol. Untuk membaca ukuran dari rim dapat dilihat dari kode rim. Kode ini berdasarkan standar dari JIS. Deskripsi kodenya adalah sebagai berikut.

Kode Rim
Kode Rim
Bagikan: