Klasifikasi Tire (Ban) Pada Kendaraan

Klasifikasi Tire (Ban) Pada Kendaraan - Setelah mempelajari tentang wheel atau roda tentunya lebih baik lagi kita langsung menuju pembahasan tentang tire atau ban. Beberapa orang awam menganggap bahwa ban dan roda itu adalah sama, namun sebenarnya itu sangatlah keliru. Untuk memahaminya mari simak penjelasan selanjutnya, pembahasan ini adalah bagian dari pelajaraan wheel machine.

Tire atau ban merupakan penahan berat unit yang bersinggungan langsung dengan permukaan tanah dan merupakan komponen yang terletak pada pelek (rim) sebuah kendaraan. Fungsi secara garis besar dari ban adalah sebagai berikut.
- Menahan berat suatu kendaraan dan muatan yang bersinggungan dengan permukaan tanah/jalan. 
- Mengendalikan jalannya kendaraan saat bergerak maju atau mundur. 
- Meneruskan tenaga dari engine sehingga kendaraan dapat berjalan dan sebaliknya untuk memberhentikan bila diperlukan. 
- Bersama dengan sistem suspensi menentukan keamanan, kenyamanan dan kemudahan pengendalian kendaraan. 

Klasifikasi Tire
Klasifikasi Tire
Anda bisa membaca diagram di atas sendiri. Bagaimana klasifikasi tire ini sangatlah luas dan memiliki macam-macam tipe yang berbeda. Klasifikasi tire yang akan dibahas pada halaman berikutnya hanya pada pneumatic tire yaitu tube dan tubeless tire (karena banyak yang menggunakan). Selain itu akan dibahas juga tire berdasarkan plies, diantaranya bias tire, belted bias tire dan radial tire. Pantau terus blog ini untuk pembelajaran yang lebih bermanfaat lainnya.

Baca juga: Prinsip Dasar Shock Absorbers
Bagikan: