Klasifikasi Shock Absorbers

Klasifikasi Shock Absorbers - Penjelasan awal mengenai shock absorbers telah dibahas pada halaman Tipe Suspensi Shock Absorbers. Dengan membaca artikel tersebut maka anda akan dengan mudah memahami apa yang akan disampaikan di halaman ini. Karena dari artikel ke artikel lainnya memiliki hubungan dan memiki fungsi saling membantu.

Media yang digunakan pada shock absorbers untuk mengurangi getaran dibagi menjadi tiga tipe, yaitu viscosity resistance of fluid, resistance of conductors moving in magnetic fields dan friction of solid parts. Pada tipe yang pertama bukan hanya dimanfaatkan untuk menstabilkan damping force, akan tetapi untuk mengurangi berat kendaraan serta menyerap energi getarnya. Karena alasan tersebut maka tipe ini banyak digunakan pada shock absorbers. Berdasarkan strukturnya shock absorbers ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu Telescopic Shock Absorbers dan Lever Type Shock Absorbers. Penjelasan selengkapnya seperti uraian berikut.

Baca juga: Sistem Suspensi Parallel Beam dan Hendrickson

Telescopic Shock Absorbers 
Tipe ini paling banyak digunakan di automobiles karena dari struktur yang sederhana dan biaya yang lebih kecil. Telescopic shock absorbers dibagi menjadi dua tipe yaitu single acting type dan double acting type.
Telescopic Shock Absorbers
Telescopic Shock Absorbers 
Lever Type Shock Absorbers 
Lever type shock absorbers menggunakan mekanisme piston untuk meredam getarannya. Struktur dari tipe ini adalah seperti gambar di bawah.

Lever Type Shock Absorbers
Lever Type Shock Absorbers
Bagikan: