Glosarium Suspension System

Glosarium Suspension System - Glosarium Suspension System adalah halaman yang dikhususkan untuk mengetahui beberapa istilah yang sering diucapkan pada halaman berlabel Suspension System dan halaman terkaitnya.

Glosarium Suspension System
Glosarium Suspension System
Air Spring : salah satu jenis sistem suspension dengan menggunakan gaya reaksi dari udara pada sistem suspensinya. 
Bead : cincin yang terbuat dari kawat baja dengan kadar karbon yang tinggi. Bead digunakan di carcass, berfungsi untuk menahan kedua ujung dari cord, menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke rim (pelek). 
Breaker : bagian ban yang ditempatkan diantara tread dan carcass dengan tujuan sebagai peredam goncangan/tumbukan. 
Camber Angle : garis tengah ban yang tidak vertikal akan tetapi miring membentuk sudut dengan arah keluar sebesar sekitar 1° ketika axle dilihat dari depan kendaraan. 
Carcass : bagian dari ban yang terletak di dalam yang berfungsi menahan berat, goncangan, tumbukan dan tekanan angin. Carcass dibuat dari lembaran - lembaran ply cords. Karet yang membungkus/melapisi cord tidak hanya melindungi dari kerusakan luar, tetapi mencegah pergeseran diantara cords.
Caster Angle : kingpin akan miring kebelakang dari garis vertikal jika dilihat dari sisi samping kendaraan. 
Coil Spring : salah satu jenis steel spring yang terbuat dari baja yang dilingkar, yang akan menggunakan elastisitas baja untuk torsion (puntiran). 
Damping Forces : gaya yang menimbulkan getaran yang tidak diperlukan pada shock absorbers, dan efeknya disebut dengan a damping effect
Differential : suatu komponen untuk meneruskan tenaga putar dari transmisi melalui propeller shaft yang selanjutnya akan membuat penyaluran tenaga lebih halus dari final gear keroda kiri dan kanan pada kondisi apapun. 
Disc Wheel : salah satu jenis wheel yang dibentuk dengan proses moulding. Disc wheel sangat cocok untuk produksi massal dan lebih ekonomis, banyak dipakai pada passenger cars, trucks, buses, dan yang lainnya. 
Front Dead Axle : axle yang menyangga beban kendaraan atau unit bagian depan.
Front Drive Axle : kendaraan yang hanya bergerak dengan roda depan dan sebagai roda untuk kemudi 
Front Wheel Alignment : penyetelan roda depan kendaraan agar kendaraan dapat berjalan stabil ketika di jalan lurus dan lembut sewaktu berbelok. 
Hydropneumatic Suspension : merupakan jenis suspensi yang menggunakan udara sebagai medianya dan dibantu slinder hydropneumatic untuk mengurangi getaran. Pada sistem ini silinder suspensi diisi dengan oli dan gas nitrogen. 
Kingpin Anclination Angle (β) : sudut antara kingpin shaft dengan garis vertikal kepermukaan jalan. 
Plies : lapisan-lapisan tali (layers of cord) yang biasanya terbuat dari nylon, rayon atau polyester fiber yang diisi dengan karet sehingga menyusun badan ban atau carcass. 
Ply Rating (PR) : suatu index dari kekuatan ban dengan kata lain spesifik beban maksimum yang diijinkan dari ban.
Rear Wheel Drive Truck : truk yang menggunakan roda belakang sebagai penggerak. 
Shock Absorbers : komponen yang digunakan untuk meningkatkan kenyamanan berkendaraan dengan menahan getaran kendaraan dengan lambat dan menjaga kontaknya wheel dengan permukaan jalan dengan cara menahan besar dan kecepatan getaran. 
Stabilizer : torsion bar spring yang terbuat dari spring steel dipasang pada kendaraan yang menggunakan air spring untuk memberikan kestabilan ketika kendaraan berbelok atau berjalan pada kondisi jalan yang kurang bagus.
Tandem Axle : rear axle yang berjumlah lebih dari satu. 
Tire : penahan berat unit yang bersinggungan langsung dengan permukaan tanah dan merupakan komponen yang terletak pada pelek (rim) sebuah kendaraan. 
Torsion Spring Bar : salah satu jenis steel spring yang strukturnya terbentuk dengan stretching (puntiran) sebuah coil spring lurus. Satu ujung dari sebuah torsion bar spring fixed ke frame, sedang ujung yang lain dihubungkan dengan mekanisme link. 
Tread : bagian ban yang merupakan kulit luar dari ban, melindungi carcass dari keausan dan kerusakan. 
Tread Pattern : merupakan bentuk kulit luar dariban (bentuk pola dari tread).
Tube Tire Type : ban yang menggunakan tube (istilah untuk ban dalam) memungkinkan untuk mudah berkurangnya angin akibat adanya tusukan dari benda asing. 
Tubeless Tire Type : ban yang tidak menggunakan ban dalam. 

Bila ada yang kurang anda bisa membantu menambahkannya dengan cara menulisnya di kotak komentar facebook di bawah atau kirimi saya email ke sudibjointan[at]gmail.com. Terima kasih.
Bagikan: