Fungsi dan Jenis Hydraulic Tank (Tangki Hidrolik)

Fungsi dan Jenis Hydraulic Tank (Tangki Hidrolik) - Setelah mengikuti pembahasan tentang pelumas oli, maka kini mekanik harus mampu menyebutkan nama dan lokasi serta menjelaskan fungsi dari berbagai jenis komponen hidrolik teermasuk hydraulic tank.

Seperti yang pernah disebutkan pada artikel Sirkuit Dasar Sistem Hidrolik bahwa komponen hidrolik cukuplah banyak dan salah satu yang paling penting dan akan dipelajari sebagai yang pertama adalah tangki hidrolik. Adapun fungsi dari tangki hidrolik adalah tempat panampungan/penyediaan oli. Dan tempat pendinginan oli yang kembali dari sistem.

Sedangkan hydraulic tank dibedakan dalam dua jenis, yang pertama adalah tidak berhubungan dengan udara luar (pressurized) dan yang berhubungan dengan udara luar (unpressurized). Pada tipe pressurized tangki hidrolik dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu limited (dibatasi) dan unlimited (tidak dibatasi). 

Contoh alat berat yang menggunakan tangki pressurized limited adalah excavator. Hydraulic tank PC200-7 (Komtasu).
tangki pressurized limited
Tangki pressurized limited
Sedangkan untuk contoh alat berat yang menggunakan tangki pressurized unlimited adalah bulldozer. Hydraulic tank D155A-1 (Komatsu).
tangki pressurized unlimited
Tangki pressurized unlimited
Dan untuk yang berhubungan dengan udara luar (unpressurized) contohnya adalah forklift.
unpressurized
Unpressurized
Tangki hidrolik ada juga yang berfungsi sebagai tempat kedudukan control valve. Contohnya pada bulldozer dan dozer shovel, sedangkan pada wheel loader, motor grader dan hydraulic excavator, control valve terletak di luar tangki hidrolik. 
Bagikan: