Front Axle: Front Dead Axle

Front Axle: Front Dead Axle - Front axle berfungsi untuk menyangga sebagian dari beban kendaraan pada roda depan (front wheels) dan untuk steering kendaraan. Secara garis besar front axle dibagi menjadi front dead axle dan front drive axle. Drive axle dapat disebut dengan live axle atau powered axle. Tapi pada halaman ini hanya akan dibahas tentang front dead axle saja, untuk drive axle akan dibahas pada artikel selanjutnya.


Front Axle
Front Axle
Front Dead Axle 
Front dead axle merupakan axle yang menyangga beban kendaraan atau unit bagian depan. Berdasarkan jenis konstruksi dari suspensi yang digunakan front dead axle dibagi menjadi dua tipe yaitu rigid axle suspensi dan independent axle suspensi. Rigid axle suspensi digunakan pada truk dan bis untuk membawa beban besar, dimana ketika salah satu roda naik karena kondisi permukaan jalan maka body atau frame dari unit akan miring tetapi hanya dapat untuk kemiringan dengan sudut kecil. Keuntungan tipe ini mudah dalam perawatannya karena strukturnya sederhana. Sedangkan independent axle suspensi dipakai untuk mobil penumpang, beberapa off-road heavy-duty dump truk serta truk kecil dan sedang. Tipe ini lebih memberikan kenyamanan pada operator atau penumpangnya dan akan mengurangi efek dari jalan yang bergelombang karena ketika salah satu roda naik akibat kondisi permukaan jalan maka unit tidak akan miring. Silakan perhatikan gambar berikut ini.

Perbandingan Rigin dan Independent Axle Suspensi
Perbandingan Rigin dan Independent Axle Suspensi
Berdasarkan bentuknya front axle dibagi menjadi tipe elliot, tipe reverse elliot, tipe merman dan tipe lemoine. Tipe reverse elliot paling luas digunakan, tipe elliot digunakan untuk beberapa kendaraan, sedangkan untuk tipe merman dan lemoine hampir tidak pernah dipakai lagi. Berikut adalah gambar penampakannya.

Bentuk Front Axle Berdasarkan Bentuk Ujungnya
Bentuk Front Axle Berdasarkan Bentuk Ujungnya
Bagikan: