Pengertian Mutual Induction dan Transformer

Pengertian Mutual Induction dan Transformer - Sebuah lilitan yang dihubungkan serie dengan switch dan battery. Perhatikan gambar di bawah, lilitan S dengan jumlah lilitan yang lebih banyak didekatkan dengan lilitan P. Bila arus melewati lilitan P diputus dan dihubungkan maka akan menyebabkan gaya gerak listrik pada lilitan S, itulah yang dinamakan dengan mutual induction atau induksi timbal balik.

Baca juga: Dasar Listrik: Pengertian Induksi Diri (Self Induction)

Mutual Induction
Mutual Induction
Transformer 
Pada gambar berikut ini diperlihatkan bahwa primary coil yang dihubungkan serie dengan battery dan switch. Ketika switch digerak-gerakkan ON dan OFF maka lampu akan menyala. Sedangkan bila primary coil dihubungkan dengan sumber AC, lampu juga akan menyala. Hal ini disebabkan karena perubahan arus bolak-balik secara periodik dengan frequency yang sama besar. Induksi medan magnet ini menjadikan gaya gerak listrik di secondary coil yang berlangsung terus-menerus. Inilah yang merupakan prinsip dasar sebuah transformer.
Transformer
Transformer
Pada umumnya transformer dibuat dalam bentuk seperti pada gambar di atas bagian bawah, dimana ketebalan plat core pada umumnya 0.35 mm. Adapun hubungan antara tegangan dan arus di primary coil dan secondary coil adalah seperti rumus yang diperlihatkan gambar berikut.

Baca juga: Dasar Listrik: Pengertian Electromagnet

Rumus transformer
Rumus transformer
Bagikan: