Komponen Listrik: Resistor Variable

Komponen Listrik: Resistor Variable - Resistor variable mempunyai terminal tetap dan terminal tidak tetap yang dapat digeser sepanjang elemen resistor tersebut. Resistor variable yang digunakan di dalam peralatan elektronik dikenal dalam dua jenis yaitu Potentiometer dan Trimmer.

Baca juga: Komponen Listrik: Resistor Tetap

Potentiometer
Potentiometer memiliki dua tipe yaitu wirewound potentiometer dan carbon potentiometer, berikut penjelasannya.

- Wirewound Potentiometer. Potentiometer ini terbuat dari lilitan kawat yang berbentuk lingkaran. Sebuah lengan yang digeser-geser dibuat berhubungan dengan elemen resistor yang bisa digeser yang akan menghasilkan harga resistansi berbeda. Pada umumnya potentiometer ini tersedia dengan harga resistansi 50 sampai 50 K dengan rating ½ sampai 8 watt. 

Wirewound Potentiometer
Wirewound Potentiometer
- Carbon Potentiometer. Potentiometer ini mempunyai elemen resistor dalam suatu jalur yang berbentuk lingkaran. Lengan variable-nya berhubungan dengan elemen resistor oleh suatu pemutar. Apabila sumbu pemutar diputar, maka lengan variable-nya akan menggerakkan wiper dan membuat hubungan pada beberapa terminal. Contoh konstruksi dan bentuk carbon potentiometer ini adalah seperti gambar di bawah.

Baca juga: Prinsip Kerja Alternator

Carbon Potentiometer
Carbon Potentiometer
Carbon potentiometer ini tersedia dengan harga resistansi 50 sampai 10 M dengan rating daya 0,1 sampai 2,25 watt.

Trimmer 
Potensio jenis ini biasanya dipasang pada PCB dimana dibutuhkan suatu pengkalibrasian. Bahan yang digunakan adalah karbon. Contoh berbagai macam bentuk trimer adalah sebagai berikut:

Trimmer
Trimmer
Komponen Listrik: Resistor Variable
Bagikan: