Komponen Listrik: Resistor Non Linier

Komponen Listrik: Resistor Non Linier - Macam resistor terakhir yang akan dibahas adalah non linier. Resistor non linier ada 3 jenis yaitu Thermistor, Voltage Dependent Resistor dan  Light Dependent Resistor. Ketiga jenis resistor ini harganya berubah-ubah (tidak sesuai dengan hukum ohm), tetapi merupakan fungsi dari temperatur, tegangan dan cahaya yang jatuh terserap. Selanjutnya pada halaman ini hanya akan dibahas mengenai thermistor saja karena tipe ini adalah yang banyak digunakan dalam sistem kelistrikan alat-alat besar.

Baca juga: Komponen Listrik: Resistor Variable

Themistor 
Thermistor adalah salah satu jenis resistor yang mempunyai koeffisien temperatur yang sangat tinggi, dimana dengan adanya perubahan temperatur, resistansinya juga akan berubah. Terdapat 2 jenis thermistor yaitu NTC (Negative Thermal Coefficient) dan PTC (Positive Thermal Coefficient). 

• Thermistor NTC 
Thermistor NTC merupakan resistor dengan koefisien temperatur negatif yang sangat tinggi. Thermistor jenis ini pada umumnya dibuat dari Ni O, Co O atau FeO3. Harga nominal biasanya ditetapkan pada temperaur 25º C. Perubahan resistansi yang diakibatkan dalam bentuk non linier-nya ditunjukkan dalam bentuk diagram resistansi dengan temperatur seperti gambar di bawah.
Thermistor NTC
Thermistor NTC
• Thermistor PTC
Thermistor PTC merupakan resistor dengan temperatur positif yang sangat tinggi. Thermistor jenis ini pada umumnya dibuat dari Ba Ti O3. Skala resistansinya berubah mulai dari beberepa ratus ohm pada temperatur 75º C dan beberapa kilo ohm pada temperatur 150º C. Berikut ini adalah contoh diagram resistansi dengan temperatur untuk thermistor PTC.

Baca juga: Komponen Listrik: Resistor Tetap

Thermistor PTC
Thermistor PTC
Komponen Listrik: Resistor Non Linier
Bagikan: