Komponen Brake System Pada Crawler Machine

Komponen Brake System Pada Crawler Machine - Komponen brake system pada mesin merayap ini memang sedikit lebih banyak daripada mesin beroda. Tak bisa dipungkiri pula bahwa komponennya sedikit berbeda dan tentunya memiliki cara kerja yang berbeda. Brake system pada crawler machine berdasarkan tipenya terbagi menjadi band type dan clutch type


Band Type 
Brake system tipe band terbagi lagi menjadi berbagai tipe berdasarkan mechanism, lining dan control.
- Mechanism. Berdasarkan mekanismenya brake system tipe band terbagi menjadi beberapa macam seperti berikut.
Toggle Type. Brake band dipasang pada bagian luar dari outer drum. Ujung-ujung dari  brake band berhubungan dengan end  dan band tidak dapat lepas terhadap end.
Anchor Type. Anchor type terbagi menjadi horizontal type (Satu ujung dari brake band dihubungkan pada end, sedangkan ujung yang lainnya dihubungkan pada adjusting rod. Dan satu lagi adalah vertical type.
Vertical Type
Vertical Type

- Lining. Berdasarkan lining-nya brake system tipe band terbagi menjadi dua macam, yaitu dry dan wet.
Dry Type. Pada dry type atau tipe kering, lining brake yang dipakai pada unit dalam kondisi kering tanpa pelumasan. 
Wet Type. Pada wet type atau tipe basah,  lining brake  pada unit menggunakan oli sebagai pelumasannya, dimana lining brake selalu terendam oil yang ada di steering case.
- Control System 
Berdasarkan sistem kontrolnya brake system tipe band terbagi juga menjadi beberapa bagian.
Pedal. Proses pengereman dilakukan dengan cara menginjak pedal brake. Sistem kontrol tipe ini terbagi menjadi mechanical dan booster. Penjelasannya sama seperti yang sering dibahas.
Interconnected. Proses pengereman dilakukan dengan cara menarik steering lever atau menginjak pedal steering, yang berarti akan men-disengaged-kan steering clutch dan juga mengaktifkan brake untuk pengereman unit. Sistem kontrol tipe ini terbagi pula menjadi mechanical dan hydraulic.
Mechanical Type
Mechanical Type

Clutch Type 
Sistem rem tipe clutch menggunakan rangkaian disc dan plate sebagai komponennya. Penjelasannya tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.
Bagikan: