Komponen Baterai: Vent Plug dan Elektrolit

Komponen Baterai: Vent Plug dan Elektrolit - Vent plug terdapat (menjadi satu) pada tutup di setiap sel. Fungsi tutup itu adalah untuk mencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam sel. Fungsi yang lebih penting lagi adalah agar tersedia saluran (lubang) untuk membebaskan gas dan memungkinkan terbentuknya lagi asam sulfat yang terkandung di dalam uap asam yang terbentuk pada saat pengisian battery (lihat bentuk saluran vent plug, gambar di bawah). Membiarkan tutup sel itu terbuka menyebabkan kotornya sekitar lubang oleh karena adanya uap asam.

Baca juga: Komponen Listrik: Baterai (Battery)

Vent Plug
Vent Plug
Plat Positif dan Plat Negatif 
- Plat Positif terbuat dari material PbO2 (Lead Peroxide) yang berwarna coklat tua. 
- Plat Negatif terbuat dari material Pb (Spongy Lead) yang berwarna kelabu. Untuk mencegah plat positif dan plat negatif bersinggungan, dipasang separator yang terbuat dari poly vinyl chloride (PVC) yang berpori-pori.

Elektrolit (H2SO4)
Standard berat jenis (specific gravity) elektrolit battery pada temperature standard (20° C ) adalah 1.280. Apabila temperature larutan elektrolit berubah, maka standard berat jenis elektrolit battery dapat dicari dengan rumus: 
S 20 = St + 0,007 ( t – 20 )
Dimana: S 20 = Berat jenis pada temperatur 20° C, St = Berat jenis pada temperatur pengukuran, t = Temperature elektrolit pada saat pengukuran.

Baca juga: Karakteristik dan Bentuk Thyristor

Berat jenis akan turun pada saat battery dipakai (discharge). Pada kondisi standard (20° C), bila berat jenis elektrolit turun mencapai 1.200, maka battery harus diisi kembali (charging). Bila jumlah elektrolit di dalam battery berkurang, maka harus ditambah dengan air aki (air suling saja). Perubahan berat jenis elektrolit tergantung oleh :
− Discharge rate.
− Charge rate.
− Temperature.
− Jumlah asam sulfat yang terkandung dalam elektrolit.

Larutan elektrolit dapat membeku pada temperatur tertentu. Oleh karena itu, kalau menyimpan battery boleh ditempat sedingin mungkin asalkan tidak sampai larutan elektrolitnya membeku. 
Bagikan: