Dasar Starting System

Dasar Starting System - Starting system atau bisa juga disebut dengan sistem awal untuk penyalaan mesin. Dengan starting system maka sebuah alat bisa hidup dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Starting system ini juga termasuk ke dalam bagian pembelajaraan electric system yang dari awal sudah kita bahas.

Baca juga: Cara Merawat Baterai Dengan Baik

Starting System
Starting System
Gambar di atas adalah sebuah contoh rangkaian starting system yang meliputi komponen-komponen terkaitnya. Bila dijabarkan bagaimana bekerjanya, simak uraian berikut.

Ketika starting switch diposisikan "ON" maka itu menandakan bahwa arus telah dibuka dari baterai ke seluruh rangkaian listrik pada alat tersebut. Pertama listrik akan mengalir ke starting motor untuk memutarkan engine untuk pertama kalinya, ketika alternator menyala karena putaran engine maka sensornya akan masuk ke safety relay yang bertujuan untuk mematikan otomatis starting motor. Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya putaran engine tidak merusak starting motor, artinya starting motor tidak diputarkan oleh putaran engine.

Baca juga: Cara Melakukan Pengetesan Baterai

Itulah sedikit pengenalan awal tentang prinsip kerja starting system.
Bagikan: