Dasar Listrik: Tenaga Listrik

Dasar Listrik: Tenaga Listrik - Sumber tenaga listrik adalah alat yang dapat men-supply energi listrik ke peralatan elektronika (beban). Contoh : Generator Set (genset), Battery kering, Accu. Tenaga listrik adalah jumlah dari usaha listrik yang dihasilkan selama periode waktu satu detik. Pembangkit tenaga listrik ini berfungsi untuk men-supply kebutuhan tenaga listrik dari beban. Gambar dibawah ini merupakan salah contoh dari sumber tenaga listrik.

Baca juga: Mengenal Arus, Tegangan dan Hambatan

Genset
Genset
Horse power (HP) digunakan sebagai satuan tenaga mekanis, jika dikonversikan ke tenaga listrik menjadi seperti rumus di bawah. 
1 HP = 746 [W] (Foot Pound HP) 
1 PS = 735 [W] (Metrik Horse Power = Pferde Starke) 
Satuan tenaga listrik adalah “watt “ disingkat (W) yaitu jumlah dari usaha listrik yang dihasilkan atau dihilangkan yang ditetapkan sesuai dengan usaha yang digunakan dalam periode waktu satu detik. Satu (1) watt menunjukkan tenaga yang membutuhkan arus sebesar 1 A (ampere) pada tegangan 1 V (volt) dalam setiap detik. Untuk memudahkan pemahaman, maka berikut ini adalah rumus tenaga listrik.

Baca juga: Arus Searah (DC) dan Arus Bolak-Balik (AC)

Rumus tenaga listrik
Rumus tenaga listrik
Tenaga listrik adalah jumlah dari kemampuan kerja listrik dalam setiap satuan waktu (detik). Jumlah tenaga listrik diartikan menjadi satu jumlah usaha listrik yang dihasilkan atau ditetapkan dalam periode tertentu. 
Jumlah tenaga listrik = Tenaga listrik x waktu (Energi listrik) 
W = V . I . t [Joule]
Dimana V adalah tegangan [Volt], I adalah arus [Ampere] dan T adalah waktu [detik]. Satuan energi listrik adalah watt detik disingkat dengan (WS) atau joule (J) jika jumlah pengukuran besar satuan yang digunakan (Wh) Watt–jam. 

Joule menemukan bahwa tenaga listrik yang dipakai dalam sebuah hambatan berubah semuanya menjadi panas. Penemuan ini disebut “Hukum Joule“ Panas yang dihasilkan berasal dari aliran listrik dalam sebuah hambatan dan disebut  “Panas Joule“ dan 1 ( WS ) = 1 joule. 
Baca juga: Dasar Listrik: Teori Elektron 
Bagikan: