Dasar Listrik: Pengertian Induksi Diri (Self Induction)

Dasar Listrik: Pengertian Induksi Diri (Self Induction) - Pada pembelajaran sebelumnya disebutkan bahwa sifat electromagnet adalah bisa melakukan induksi diri. Apa itu induksi diri atau self induction sebenarnya akan dibahas pada uraian berikut. Seperti pada gambar di bawah ini diperlihatkan bahwa switch, lilitan dan battery dihubungkan serie. Bila switch On maka arus akan mengalir dan pada lilitan akan timbul garis-garis gaya.

Baca juga: Dasar Listrik: Pengertian Electromagnet

Induksi diri
Induksi diri
Ketika switch dibuka (Off) dengan tiba-tiba maka medan magnet akan turun tiba-tiba yang menyebabkan berbaliknya gaya gerak listrik, untuk itu aliran arus pada lilitan.dicegah agar tidak turun (tetap ada) dan disebut induksi diri (self Induction). Adapun tegangan yang terjadi akan berbalik seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini.

Baca juga: Dasar Listrik: Pengertian Kemagnetan
Tegangan induksi pada lilitan
Tegangan induksi pada lilitan
Di dalam percobaan seperti pada gambar di bawah, ketika switch dihubungkan dengan battery 6 volt, lampu tidak menyala. Tetapi jika switch dibuka dengan tiba-tiba lampu akan menyala sesaat. Makin cepat switch dilepas, makin terang nyala lampu tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa induksi diri pada lilitan.

Baca juga: Symbol Pada Ilmu Kelistrikan

Percobaan induksi diri
Percobaan induksi diri

Bagikan: