Arus Searah (DC) dan Arus Bolak-Balik (AC)

Arus Searah (DC) dan Arus Bolak-Balik (AC) - Sudah tak perlu diragukan lagi bahwa anda telah mengenal dua macam arus yang sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari, tak lain adalah DC dan AC.

Baca juga: Mengenal Arus, Tegangan dan Hambatan

Arus Searah (Direct Current) 
Arus searah (DC) adalah arus yang mengalir dalam arah yang tetap (konstan). Dimana masing masing terminal selalu tetap polaritasnya. Misalkan sebagai kutub ( + ) selalu menghasilkan polaritas positif begitu pula sebaliknya. Beberapa contoh sumber arus searah (DC) adalah battery, accu, dynamo. 

Generator adalah salah satu alat yang dapat membuat beda potensial. Putaran engine akan menciptakan beda potensial antara kedua polaritas. Masing–masing terminal selalu tetap polaritasnya. Misalkan sebagai kutub (+) selalu menghasilkan polaritas positif begitu pula sebaliknya. 
Arus Searah (DC)
Arus Searah (DC)
Bentuk gelombang tersebut adalah gelombang tegangan, jika bentuk gelombang tegangan hanya dalam satu arah saja (arah positif) maka akan menghasilkan arus yang searah. Arus yang demikian disebut “Direct Current (DC)“.

Baca juga: Dasar Listrik: Teori Elektron

Arus Bolak-Balik (Alternating Current)
Arus bolak-balik (AC) adalah arus yang mengalir dengan polaritas yang selalu berubah-ubah. Dimana 
masing-masing terminalnya polaritasnya yang selalu bergantian. 

Putaran engine membuat beda potensial yang berubah-ubah sehingga arus akan mengalir dengan arah yang berubah-ubah. Pada masing-masing sumber arus bolak-balik, polaritasnya selalu bergantian. Contoh sumber arus bolak-balik adalah Alternator (AC generator), PLN. 

Arus bolak-balik (AC)
Arus bolak-balik (AC)
Arus bolak-balik dari alternator akan berbentuk gelombang yang berubah-ubah dari positif ke negatif dalam waktu tertentu. Seperti terlihat pada gambar di atas. Arus yang demikian ini disebut “Alternating Current“ dan disingkat dengan AC. Polaritas yang berubah-ubah ini terjadi secara terus menerus dalam tiap detiknya sehigga disebut frekwensi. Frekwensi adalah banyaknya gelombang dalam tiap detik.

Baca juga: Komponen Brake System Pada Crawler Machine
Bagikan: