Alat Kelistrikan: Avometer / Multi Tester

Alat Kelistrikan: Avometer / Multi Tester - Pada semua barang yang ditentukan mempunyai ukuran besar kecil, panjang-pendek, kuat-lemah dan sebagainya. Untuk menentukan satu barang dapat dikatakan besar, lebih besar ataupun lebih besar lagi tentu masih kurang akurat dan penilaiannya setiap orang akan berbeda.

Baca juga: Belajar Teknik Dasar Rangkaian Listrik

Dalam hal ini untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukan suatu standar yang sama untuk menentukan ukuran dari barang dengan menggunakan alat ukur. Jadi dapat disimpulkan bahwa alat ukur adalah merupakan alat pembanding yang standar. Pada umumnya satu alat ukur hanya digunakan untuk mengukur satu-satuan ukur saja, tetapi ada juga satu alat ukur digunakan untuk mengukur beberapa satuan (Contoh: Ampere, Volt meter dan Ohm meter yang sering disebut Multi Tester/Avometer). Avometer adalah alat ukur yang multi guna untuk mengukur (Ampere, Volt dan 
Ohm), sebagian orang menyebutnya Multi Tester.

Avometer / Multi Tester
Avometer / Multi Tester
Cara setting pointer 0
Pengukuran hambatan diberi tenaga oleh battery (baterai) pada bagian dalam. Suatu saat baterai akan aus akibat dari pemakaian yang menyebabkan kesalahan membaca nilai yang diukur. Untuk pembacaan yang benar dari hambatan kesensitifan dari indikator harus disetel menurut voltage yang disalurkan battery. Inilah yang dinamakan penyetelan 0 Ω (kalibrasi).

Baca juga: Dasar Listrik: Tenaga Listrik
Bagikan: