Tipe Clutch Dalam Engine Diesel

Tipe Clutch Dalam Engine Diesel | Tipe kopling yang sering dipakai pada engine diesel sebenarnya ada beberapa macam. Clutch digolongkan berdasarkan prinsip kerja, sistem pendingin, jumlah disc clutch dan cara kerjanya. Dibawah ini akan di bahas mengenai tipe-tipe dari main clutch tersebut.

Baca juga: Belajar Dasar Clutch (Kopling) Engine Diesel

• Prinsip Kerja
Berdasarkan prinsip kerja main clutch digolongkan menjadi friction clutch dan fluid coupling
- Friction Clutch. Clutch jenis ini dalam menerusankan tenaga/putarannya adalah dengan cara menempelkan (engaged) dua bidang permukaan, sehingga tenaga/putaran dari bidang permukaan yang satu dapat diterima oleh bidang permukaan yang lainnya. Macam-macam tipe friction clutch adalah disc and plate type dan cone type.
Tipe Clutch Dalam Engine DieselTipe Clutch Dalam Engine Diesel
- Fluid Coupling. Clutch jenis ini dalam penerusan tenaganya melalui media cairan/fluida. Secara umum clutch jenis ini dapat dibedakan atas Torque Converter (menggunakan stator) dan Fluid Coupling (tidak menggunakan stator). 
Tipe Clutch Dalam Engine Diesel (2)
Tipe Clutch Dalam Engine Diesel (2)
• Sistem Pendinginan Disc dan Clutch 
Berdasarkan sistem pendinginan main clutch digolongkan menjadi dry type dan wet type
- Dry type: panas yang timbul pada disc clutch akibat friction/gesekan pada saat awal engage/disengage di lepas langsung ke udara. Strukturnya lebih sederhana dan tidak mungkin terjadi problem kebocoran oli. 
- Wet type: panas yang timbul pada disc di lepas ke oli dan juga oli tersebut berfungsi untuk melumasi bagian –bagian yang bergerak lainnya. 

• Jumlah Disc Clutch 
Berdasarkan sistem pendinginan main clutch digolongkan menjadi single, double dan multi disc type
- Single disc type: menggunakan satu buah disc (driven plate). 
-ƒ Double disc type: menggunakan dua buah disc (driven plate). 
ƒ- Multi disc type: menggunakan tiga atau lebih disc (driven plate). 

• Cara Kerja Clutch
Berdasarkan cara kerjanya main clutch dibagi menjadi dua tipe yaitu spring type dan over center type.
- Spring type: untuk engaged disc dan plate menggunakan tekanan dari spring (spring loaded) dan pengoperasiannya digerakkan dengan pedal (untuk mendisengaged-kan). Pada spring dibedakan menjadi multi spring dan single spring. 
- Over center type: untuk enggaged disc dan plate menggunakan tekanan dari dari komponen over center (Link, Roller dan Weight) dan pengoperasiannya digerakkan dengan Lever (untuk engaged maupun disengaged). 

Tipe Clutch Dalam Engine Diesel
Bagikan: